Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Pembelajaran Sederhana Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27542Abstract
Kurangnya motivasi belajar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V yang menjadi sebab dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika kelas V SD. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Posttes Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD gugus VII Kecamatan Buleleng. Pengambilan sampel menggunakan cara random sampling melalui teknik undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner motivasi dan tes pilihan ganda untuk mengukurhasil belajar Matematika. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan hasil belajar Matematika secara parsial dan simultan dengan taraf signifikansi 0,000<0,05%. Dengan demikian model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media pembelajaran sederhana berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD, saran bagi penelitian selanjutnya adalah diharap hasil penelitian ini dikembangkan dan dapat digunakan pada mata pelajaran lain.
References
Agung, A. A. G. A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Amelia, C., & Syahputra, E. F. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Eksplorasi Mahasiswa". Jurnal Curere, 3(1). DOI: https://doi.org/10.36764/jc.v3i1.174
Aziz, A. (2015). "Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014". Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 118–121.
Basuki, K. H. (2015). ”Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika". Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Dewi, K. Y. C., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2016). "Penerapan Model Student Fasilitator and Explaining Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa". MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Hasan, H. W. B., Sundara, K., & Hafsah, H. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Siswa”. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(1), 31–37. DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v5i1.784
Hendriana, B., Wahyuningsih, W., & Supriadi, E. (2019). "Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka Benny". Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 1–11. DOI: https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.586
Isrok’atun., Nurdinah Hanifah., Maulana Imam., S. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.
Kustini, W. (2016). "Melalui Metode Student Facilitator And Explaining (SFAE) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Kelas IV-B Semester II Tahun 2014/2015 Di SD Negeri 2 Surodakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek". Jurnal Pendidikan PROFESIONAL, 5(2).
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. CV Budi Utama.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.
Neolaka, Amos dan Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan hidup. PT Kharisma Putra Utama.
Prihandoko, A. C. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan 2006.
Purwati. (2016). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Student Fasilitator and Explaining ( SFAE ) Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Parakan Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Parakan Trenggalek Semester II". 2(April), 101–113.
Rahma, A., & Nurrahmah, A. (2019). "Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ( SFE ) dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep Matematika". 0812(80), 301–308.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). "Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108 DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Rodiyana, R. (2018). "Analisis Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.713
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sinar. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Suparmiasih, D. (2015). "Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Student Facilitator and Explaining Kelas II SDN 3 Ngerdani Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun 2012/2013". Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (JUPEDASMEN), 1(2).
Surahmadi, B. (2016). "Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Temanggung". USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1123–1127. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9645
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Grup.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 448. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21780 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21780
Widyastuti, A. L., & Artikel, I. (2018). "Keefektifan Model Student Facilitator And Explaining Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPS" 7(3).
Yatimah. (2019). "Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi KPK Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Bagi Siswa Kelas VI". 2(2). DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3943
Yurnalis, Y. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatiftipe Student Facilitator And Explaining ( SFAE ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". 1(2), 171–184.
Yuwandari, I. (2018). "Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru". DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.8040
Zulfa, U. (2020). "Mewujudkan Cilacap 4C Melalui Model Pendidikan 435-PE-4C". In Wijayakusuma Prosiding Seminar Nasional. Vol. 1, No, 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.