Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Materi Otot Manusia

Authors

  • Ni Putu Anggerina Aryanitha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106

Keywords:

LKPD, Interaktif, IPA, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan kurangnya penggunaan lembar kerja siswa pada pelaksanaan pembelajaran yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis mind mapping pada muatan IPA materi otot manusia untuk siswa kelas V SD. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode nontes dengan jenis kuesioner/angket. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas media oleh para ahli dan uji coba media memperoleh hasil yang sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif berbasis mind mapping layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu LKPD interaktif berbasis mind mapping dapat digunakan guru sebagai bahan ajar tambahan dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ani, N. I., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Nature Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161

Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097

Apriyanto, C., Yusnelti, & Asrial. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 38–42. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843

Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), 224–243. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.25885. DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.25885

Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Indah, S. R., & Saleh, N. (2018). Analisis Materi Ajar Membaca dalam Buku Deutsch Ist Einfach. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5628. DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5628

Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal PIJ, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Julianti, D. P., & Sumarmin, R. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Scientific Approach on n Environmental Pollution Topic for Junior High School Student Grade VII. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 10(1), 11–18. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v10.1.545.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Misbah, Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The Development of Student Worksheet by Using Guided Inquiry Learning Model to Train Student’s Scientific Attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/USEJ.V7I1.15799.

Mulyani, S., & F, F. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Eksperimen dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(1), 89–102. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.281. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.281

Murti, S., & Muhtadi. (2019). Validitas Bahan Ajar LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Se-Kabupaten Musi Rawas. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 159–172. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239

Nailufar, Z., & Susilowibowo, J. (2021). Studi Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Mind Mapping. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 15(1), 50–59. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21909.

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektivitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176–182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590

Rahmadani, Y., & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854

Ramadhana, R., & Hadi, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380–389. https://doi.org//10.31004/edukatif.v4i1.1778. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778

Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Interaktif. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Siddiq, Y. I., Sudarma, K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629.

Susiana, D., & Rendra, N. T. (2021). Mathematics E-LKPD with Project-Based Learning and HOTS Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 289–298. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35516. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35516

Wahyuni, K. S. ., Candiasa, I. ., & Wibawa, I. M. . (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Wahyuni, R., & Efuansyah. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1876–1885. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3899. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3899

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1269–1283. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Aryanitha, N. P. A., & Agung, A. A. G. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Materi Otot Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 161–172. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106

Issue

Section

Articles