Video Animasi berbasis Discovery Learning Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS

Authors

  • Dewa Ayu Diana Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.74303

Keywords:

Video Animasi, Discovery Learning, IPAS

Abstract

Adanya keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman guru terkait pengembangan media pembelajaran, sehingga media pembelajaran yang biasanya digunakan hanya berupa video yang diunduh atau ditayangkan melalui youtube. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan video animasi berbasis discovery learning untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji ahli adalah 1 ahli rancang bangun, satu orang ahli isi pembelajaran, satu orang ahli desain dan ahli media. Subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas produk melibatkan siswa kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, kualitas video animasi berdasarkan uji ahli isi muatan pelajaran persentase 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain instrusional persentase 90,62% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan persentase 92,5% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil persentase 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji-t diperoleh thitung (26,790) lebih besar daripada ttabel (2,131) untuk db 15 dan taraf signifikan 5%, sehingga H1 diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa media Video Animasi Berbasis Discovery Learning efektif digunakan pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Mata Pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini adalah memberikan motivasi bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar.

References

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023.

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Anisa, N., & Irmawanty, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi. Binomial: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843.

Ardhini, R. A., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 201–215. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.41.

Asih, T. S., & Ujianti, P. R. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375–384. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665.

Darma Putra, I. G., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar IPS Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530 – 2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229.

Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.

Fitria, D. A. F. A., & Nurafni, N. (2021). Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint With Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 274–280. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37019.

Gaol, M. L., Serevina, V., & Supriyati, Y. (2019). Media Pembelajaran E-book berbasis 3D PageFlip pada Materi Suhu dan Kalor dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. VIII, SNF2019-PE-319–324. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.40.

Handajani. (2020). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika SMP.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Hartati, S. H., Koto, I. K., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecakapan Kerjasama pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 98–112. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12330.

Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632.

Herlinawati, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Discovery Learning SMP untuk Membangun Minat Belajar Siswa. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 3(2), 45–51. https://doi.org/10.30599/uteach.v3i2.170.

Indriana, A., Yusuf, M., Maru, R., & Saputro, A. (2021). Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi untuk mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik. LaGeografia, 19(3), 284–301. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i3.14718.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Mahardita, I. G. L., & Japa, I. G. N. (2022). Video Pembelajaran pada Materi Volume Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 33–41. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46709.

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603.

Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1250.

Pratiwi, D. E., & Mawardi, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 288–294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231.

Ramadhani, A. A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Vidio Animasi Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di SD. Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55.

Sari, N. K. C. P. (2022). Powtoon Animation Video Based on Contextual Approach in Elementary School Mathematics Learning. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 308–317. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47337.

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104.

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54.

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076–1082. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.877.

Sihite, E. V., & Rosnelly, R. (2021). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android. Infosys (Information System) Journal, 5(2), 123. https://doi.org/10.22303/infosys.5.2.2021.123-133.

Sonia, Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Materi Tata Surya Mata Pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Education and Delelopment, 10(2), 16–22.

Suasty, F., & Hadi, A. A. (2020). Penggunan Media Pembelajaran Video untuk Solusi Penurunan Pemahaman Materi Pembelajaran Ketika Belajar Online Akibat Pandemic Covid-19. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i1.16.

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021a). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021b). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Susianita, D., & Koto, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning melalui Media Nyata Terhadap Kemampuan Konseptual dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 47–59. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8679.

Tarmidzi, T., Putri, D. P., & Zahran, A. (2021). Desain Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Ular Tangga Berbasis Penguasaan Konsep Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4811.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wati, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik Hayani Wulandari 1 , Dhena Agniya Zahra Nisrina 2 Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16). https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365.

Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(2). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/307.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Pratiwi, D. A. D., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2024). Video Animasi berbasis Discovery Learning Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 212–221. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.74303

Issue

Section

Articles