Efektivitas Model Geographical Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

Authors

  • Helen Purnomo Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Alfyananda Kurnia Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Didik Taryana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.61779

Keywords:

geographical inquiry, kemampuan berpikir analitis, minat belajar siswa

Abstract

Kemampuan berpikir analitis siswa masih tergolong rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru terutama pembelajaran Geografi. Hal ini mengakibatkan kurang optimalnya cara berpikir pada diri siswa. Selain itu minat belajar siswa dapat berdampak pada pemikiran analitis. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis efektivitas model Geo-inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis ditinjau dari minat belajar. Desain kelompok menggunakan posttest-only dan metode penelitian kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini, dengan menyertakan kelas eksperimen dan kontrol. Siswa kelas XI dijadikan sebagai subjek penelitian yaitu 54 siswa dengan kemampuan setara dijadikan sebagai sampel penelitian. Kuesioner dengan skala Likert dan tes uraian digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan analitis. Hasil penelitian kemampuan analitis siswa menunjukan bahwa siswa dengan model Geographical inquiry berpengaruh signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional. Jika dibandingkan dengan siswa yang minat belajarnya rendah, siswa minat belajar tinggi akan berdampak pada perkembangan kemampuan berpikir analitis. Oleh karena itu, model Geo-inquiry efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Simpulan penelitian menunjukan bahwa keterampilan analitis siswa secara signifikan ditingkatkan oleh minat mereka dalam belajar. Implikasi penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran Geo-inquiry  dapat dijadikan solusi yang efektif  bagi guru.  

References

Adanali, R. (2021). How Geogames Can Support Geographical Education? Review of International Geographical Education Online, 11(1). https://doi.org/10.33403/rigeo.855550.

Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464.

Anggraini, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Sebagai Pengganti Perkuliahan Konvesional Untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Mahasiswa. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 9(2), 95. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1101.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Analitis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263.

Aziza, N., & Rosita, L. (2020). Belajar Geografi Dengan Media Komik Serta Pengaruhnya Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 5(2). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.4420.

Baur, A., & Emden, M. (2021). How to open inquiry teaching? An alternative teaching scaffold to foster students’ inquiry skills. Chemistry Teacher International, 3(1). https://doi.org/10.1515/cti-2019-0013.

Bestiana Desti, Hadinugrahaningsih, T., & Yusmaniar. (2021). Pengembangan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Prepare, Do, Review. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(2). https://doi.org/10.21009/jrpk.102.02.

Carroll, K. (2018). Mapping the Hidden Discourse of Geographical Inquiry and Curriculum Change – Initial Case Study Responses to Geography Education K-10 in Australian Schools. Journal of International Social Studies, 8(1), 133–148. https://www.iajiss.org/index.php/iajiss/article/view/324.

Casinader, N., & Kidman, G. (2018). Fieldwork, sustainability, and environmental education: The centrality of geographical inquiry. In Australian Journal of Environmental Education (Vol. 34, Issue 1). https://doi.org/10.1017/aee.2018.12.

Chepy, I. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik Terhadap Kemampuan Berpikir Geografis. Jurnal Geografi Gea, 13(1). https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3308.

Danardono, D., Sunariya, M. I. T., & Fikriyah, V. N. (2020). Peningkatan Ketrampilan Siswa dalam Menghadapi Perkembangan Keilmuan Geografi Era 4.0 Melalui Pengenalan Drone Mapping. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4356.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174.

Fitri, L. S., Rosyida, F., Putra, A. K., Wirahayu, Y. A., & Selviana, N. (2022). The Effect of Geographical Inquiry Learning Using SETS Approach to Complex Problem-Solving Abilities on Environmental Conservation Material. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(4), 61–69. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.07.

Handoyo, B., Amirudin, A., & Soekamto, H. (2017). Analysing The Geographical Skills Across The World Secondary Schools Curriculum Based on The Scientific Approach. https://doi.org/10.2991/icge-16.2017.73.

Howell, J. B., & Maddox, L. E. (2022). Geographic inquiry for citizenship: Identifying barriers to improving teachers’ practice. The Journal of Social Studies Research. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2022.04.001.

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.1-14.

Irawan, R. A., Maryani, E., & Ruhimat, M. (2021). Geographical inquiry skills on implementation of participants at geography in high school at bandung city. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 683(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/683/1/012035.

Islami, M., & Hadi Soekamto. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.48338.

Kidman, G. (2012). Geographical inquiry in Australian schools: A retrospective analysis. International Research in Geographical and Environmental Education, 21(4). https://doi.org/10.1080/10382046.2012.725967.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Kuisma, M. (2018). Narratives of inquiry learning in middle-school geographic inquiry class. International Research in Geographical and Environmental Education, 27(1). https://doi.org/10.1080/10382046.2017.1285137.

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289.

Maddox, L. E., Howell, J. B., & Saye, J. W. (2018). Designing Geographic Inquiry: Preparing Secondary Students For Citizenship. Journal of Geography, 117(6). https://doi.org/10.1080/00221341.2018.1495249.

Makmun, M., Yin, K. Y., & Zakariya, Z. (2020). The Gallery Walk Teaching and Learning and Its Potential Impact on Students’ Interest and Performance. International Business Education Journal, 13(1). https://doi.org/10.37134/ibej.vol13.1.2.2020.

Mieg, H. A. (2019). Inquiry-based learning - undergraduate research: The German multidisciplinary experience. In Inquiry-Based Learning - Undergraduate Research: The German Multidisciplinary Experience. https://doi.org/10.1007/9783030142230.

Neighbour, B. M. (1992). Enhancing Geographical Inquiry and Learning. International Research in Geographical and Environmental Education, 1(1). https://doi.org/10.1080/10382046.1992.9964877.

Nur Amini, & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2). https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1162.

Nuraini, A. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Pada Aspek Kognitif Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 13(2). https://doi.org/10.17509/gea.v13i2.3352.

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1). https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361.

Oberle, A. (2020a). Advancing Students’ Abilities through the Geo-Inquiry Process. Journal of Geography, 119(2). https://doi.org/10.1080/00221341.2019.1698641.

Oberle, A. (2020b). Advancing Students’ Abilities Through The Geo-Inquiry Process. Journal of Geography, 119(2), 43–54. https://doi.org/10.1080/00221341.2019.1698641.

Purwita, A. R., Handoyo, B., & Tanjung, A. (2021). Penerapan guided discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada materi pengelolaan sumber daya alam siswa kelas XI IPS 1 MA NU Gondanglegi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3). https://doi.org/10.17977/um063v1i3p326-335.

Puspita, A., Utaya, S., & Ruja, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 468–474. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp.

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548.

Rustam, R., Syamsudduha, S., & Damayanti, E. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 5(1). https://doi.org/10.32528/bioma.v5i1.3672.

Safarati, N., Rahma, R., Fatimah, F., & Sharfina, S. (2020). Pelatihan Inovasi Pembelajaran Menghadapi Masa Pandemic Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.937.

Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758.

Sejati, S. P. (2021). Teknologi Geospasial Sebagai Media Pembelajaran Geografi di Lingkungan Sekolah Tingkat Menengah. Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 19(1). https://doi.org/10.21831/gm.v19i1.37713.

Suharwati, S. I., Sumarmi, & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2).

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208.

Suratno, S., Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249.

Sutiani, A., Situmorang, M., & Silalahi, A. (2021). Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2). https://doi.org/10.29333/iji.2021.1428a.

Syarifuddin, S., Asri, A., & Mujizatin, A. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.197.

Tambunan, N. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993.

Tanto, Y., Saputra, E. M., Armansyah, A., & Herman, H. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 di STIE Pembangunan Tanjungpinang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1301. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1301-1308.2022.

Taufik Hidayat, & Sihotang, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Maps Terhadap Minat Belajar Geografi Peserta Didik Di Sma Negeri Kota Langsa. Jurnal Samudra Geografi, 4(2). https://doi.org/10.33059/jsg.v4i2.3847.

Tipani, Anita., et al. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. Bio Education: (The Journal of Science and Biology Education), 4(2).

Turohmah, F. D. A., Putra, A. K., & Suharto, Y. (2021). Improving Critical Thinking Ability: Earthcomm Learning For Watershed Conservation Materials. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2).

Utami, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 3(2), 81. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2597.

Utami, J. P., Utaya, S., & Wagistina, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran Geographical Inquiry pada mata pelajaran Geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah siswa kelas X. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(8). https://doi.org/10.17977/um063v1i8p943-958.

Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.

Yulianti, E., Rosani, M., & Nuranisa, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA Negeri 2 Banyuasin. Jurnal Swarabhumi: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 3(2). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2598.

Yustitia, V. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Berbantuan alat Peraga Edukatif Terhadap Literasi Spasial. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.48.

Yuwono, G. R., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2020). Pengaruh kemampuan berpikir analitis pada pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar ranah pengetahuan. Edusains, 12(1). https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11659.

Zaedun, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 2 Labuapi. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3607.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Purnomo, H., Soekamto, H., Kurnia, A., & Taryana, D. (2023). Efektivitas Model Geographical Inquiry Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 467–480. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.61779

Issue

Section

Articles