PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA

Authors

  • Putu Eka Trisnawati Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Jurusan BK, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V SD gugus III kecamatan sawan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain Non Equivalent Post-Test Only Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sawan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 1 Menyali sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Data prestasi belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes berbentuk tes obyektif. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis penilaian kinerja dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, dengan nilai thitung sebesar 3,651 dan ttabel sebesar 2,017.  Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbasis penilaian kinerja berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Gugus III Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: model kooperatif tipe make a match, berbasis penilaian kinerja, prestasi belajar

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Cet. Ke-2). Malang: Aditya Media Publishing.

Apriyani. 2016. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. (Vol: 5 No: 9 Tahun 2016).

Bawa, I Ketut. 2017. Pengaruh Asesmen Kinerja terhadap Disiplin dan Prestasi Belajar Matematika dengan Pengendalian Efikasi Diri Siswa SMP Negeri di Kota Singaraja. Disertasi. Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Buzan, Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Cakyamuni, Putu Ayu (2016). "Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara Tahun Ajaran 2015/2016”.

Dewi, Kadek Meta. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa KelasV SDN 18 Pemecutan Tahun Pelajaran 2013/2014”.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2013).

Ernawati. 2016. “Model Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas IV” Jurnal Education (Vol: 2 No: 1 Tahun 2016).

Hendriyathi, R.Y. 2012. Pengaruh Penggunaan Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Konsep Diri Akademik pada Siswa Kelas V SD Santo Yoseph 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mikran. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako(Vol: 2 No: 2 Tahun 2012).–ISSN2338 3240.

Sadia, I W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha. No. 2, Th. XXXX, April 2009. ISSN 0215-8250. 219-238.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slavin, E.R. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Jilid 2. Jakarta : Indeks.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Implementasi Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

How to Cite

Trisnawati, P. E., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18558

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)