Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Question Box dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Komang Arista Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63176

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Question Box, Kompetensi Pengetahuan, Matematika

Abstract

Pembelajaran yang kurang inovatif dapat menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga hal tersebut berdampak pada kompetensi pengetahuan matematika yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar sebanyak 190 siswa. Sampel dari penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa metode tes, yaitu tes objektif bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan matematika yang dianalisis menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung sama dengan 6,406 pada taraf signifikansi 5% dan dk sama dengan 65 menunjukkan ttabel sama dengan 1,997. Oleh karena itu, thitung 6,406 lebih dari ttabel 1,997 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media question box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V sekolah dasar.

References

Abdullah, F., Ward, R., & Ahmed, E. (2016). Investigating the influence of the most commonly used external variables of TAM on students’ Perceived Ease of Use (PEOU) and Perceived Usefulness (PU) of e-portfolios. Computers in Human Behavior, 63, 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.014.

Adi Saputra, I. P. A., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD Kelas V. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.29794.

Akkus, R., Gunel, M., & Hand, B. (2007). Comparing an inquiry‐based approach known as the science writing heuristic to traditional science teaching practices: Are there differences? International. Journal of Science Education, 29(14), 1745–1765. https://doi.org/10.1080/09500690601075629.

Andarwati, M. (2019). Pembelajaran Sejarah Kontekstual, Kreatif, Menyenangkan di Kelas Dengan “Power Director” bagi Generasi Z. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 64–81. https://doi.org/10.17977/um033v2i12019p064.

Ardiansyah, D. N. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning , Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2033–2041. https://doi.org/doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2404.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Ayuni, I. G. A. P. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183–190. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.

Dewi, N. M. R., & Widiana, I. W. (2020). Question Box Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Creative Problem Solving Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 164. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25262.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.

Feriatna, T. (2017). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal LEMMA, 4(1), 65–75. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.2378.

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127–138. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

Hasan. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 630–640. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726.

Hidayat, T., & Syahidin, S. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 115–136. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-01.

Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Igak, W., Bernarto, I., & Pramono, R. (2020). Implementation of contextual teaching and learning (CTL) to improve the concept and practice of love for faith-learning integration. International Journal of Control and Automation, 13(1), 365–383. https://www.researchgate.net/profile/Choi-Chi-Hyun/publication/339874468_Implementation_of_Contextual_Teaching_and_Learning_CTL_to_Improve_the_Concept_and_Practice_of_Love_for_Faith-Learning_Integration/links/5e72391e92851c93e0ac16bc/Implementation-of-Contextual-Teaching-and-Learning-CTL-to-Improve-the-Concept-and-Practice-of-Love-for-Faith-Learning-Integration.pdf.

Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1277639.

Madadizadeh, F. (2022). A tutorial on Quasi-experimental designs. Journal of Community Health Research, 11(1), 3–4. https://iranjournals.nlai.ir/bitstream/handle/123456789/916068/B056CA7D2AA0554C0E7FEFF379D08F6C.pdf?sequence=-1.

Manfra, M. M. (2019). Action research and systematic, intentional change in teaching practice. Review of Research in Education, 43(1), 163–196. https://doi.org/10.3102 /0091732X18821132.

Marselina, K. T., & Kristiantari, M. R. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 81. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21708.

Paramitha, A. A., & Zulherman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Journal of Instructional and Development Researches, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.53621/jider.v2i2.128.

Pertiwi, P., Dony, N., & Mashuri, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Box Question Pada Materi Sistem Koloid Di Ma Siti Mariam Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 26–35. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2385.

Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Prasetya, R. E. (2021). Effectiveness of Teaching English for Specific Purposes in LMS Moodle: Lecturers’ Perspective. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 6(1), 93. https://doi.org/10.21462/jeltl.v6i1.498.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207.

Putu, N., Pratami, W., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/26781.

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021.

Riski Juniarti1, N. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.

Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587.

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi : Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.168.

Setiadewi, N. P. L., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Ilmu, 24(3), 287. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421.

Sobry, M., & Sa’i, M. (2020). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pemanfaatan Media Sederhana Dan Modern. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 97–118. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2347.

Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/UJM.V6I2.11887.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970.

Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28.

Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472.

Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54.

Umairoh, U., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa SMP. Indonesia GeoGebra Journal, 1(1), 3. https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/2050.

Umayah, U., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075.

Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019.

Weiss, K. A., McDermott, M. A., & Hand, B. (2022). Characterising immersive argument-based inquiry learning environments in school-based education: A systematic literature review. Studies in Science Education, 58(1), 15–47. https://doi.org/10.1080/03057267 .2021.1897931.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891.

Yetti, A., & Yullys, H. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Deepublish.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Cahyani, N. K. A. ., & Agustika, G. N. S. (2023). Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Question Box dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 340–351. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63176

Issue

Section

Articles