Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Ni Putu Wulan Pratami Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Keywords:

pendekatan PMRI, kompetensi pengetahuan matematika, efektivitas

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya kompetensi pengetahuan matematika yang dialami siswa kelas IV adalah kurangnya minat peserta didik pada mata pelajaran matematika yang sulit untuk dipahami. Peserta didik diharuskan mengetahui rumus-rumus dan banyak proses menghitungnya. Peserta didik pada usia 9-10 tahun termasuk dalam tahap operasional konkret. Tahap ini menunjukkan bahwa konsep matematika yang tidak nyata dapat menjadi penyebab kesulitan peserta didik dalam memahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas IV sebanyak 593 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Tes yang dipilih sebagai instrument berupa test dengan pilihan ganda biasa. Data post-test yang didapat kemudian dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 82 diperoleh thitung = 2,217 > ttabel = 1,989. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok eksperimen sebagai kelompok yang diajarkan menggunakan pendekatan PMRI dan kelompok kontrol sebagai kelompok yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Penerapan pendekatan PMRI dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dalam belajar dan mereka dapat memahami suatu konsep matematika melalui media konkret tanpa harus berpikir abstrak.

Author Biographies

Ni Putu Wulan Pratami Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Advina Ria Christianti, M., Wiarta, I. W., & Oka Negara, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 86–93.

Amelia, & Isrok’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Pt Bumi Aksara.

Arianti, N., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(4), 394–402.

Darmayanti, N. P. ., Wiarta, I. W., & Sastra Agustika, G. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Deviana Novita, N. L., Wiarta, I. W., & Wiyasa, K. N. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Bahan Manipulatif Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 1, 133–140.

Faot, M. M., & Amin, S. M. (2016). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59–66.

Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik. Pt Rajagrafindo Persada.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Idris, & Silalahi, K. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita. Jurnal Edumatsains, 1(1), 73–82.

J.W., S. (2008). Psikologi Pendidikan (Terjemahan). Kencana.

Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 3(2).

Lus, E., Palupi, W., Khabibah, S., Lukito, A., & Amin, S. M. (2020). Dengan Media Berbahan Bekas Di Sekolah Dasar. 5(2), 97–105.

Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Ii Sd Kartika 1.10 Padang. Exacta, 10(2), 136–139.

Munir, M., & Shoelahah, H. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Al-Muta’aliyah Darul Kamang Nw Kemang Kerang, 5(1).

Novita, R. (2015). Korelasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 86–96.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8.

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37.

Nugraheni, E. A. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP, 8(1), 101–108.

Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii SMP Negeri 2 Srandakan. Mapan, 5(2), 293–301.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1).

Prihartini, N., Sari, P., & Hadi, I. (2020). Design Research : Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 220 Jakarta. 4(8), 1–8.

Putri, R. I. I. (2011). Pembelajaran Materi Bangun Datar Melalui Cerita Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(2).

Saleh, M., Charitas, R., Prahmana, I., & Isa, M. (2018). Improving The Reasoning Ability Of Elementary School Student Through The Indonesian Realistic. Journal On Mathematics Education, 9(1), 41–54.

Sembiring, K. R. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Indoms. J.M.E, 1(1).

Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–100.

Setyaningsih, H., Wardono, & Prabowo, A. (2017). The Effectiveness Of PMRI Approach Aided By Educational Props To Improve Student’s Mathematical Literacy. Unnes Journal Of Mathematics Education, 6(1), 44–51.

Wahidin, & Sugiman. (2014). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Motivasi Berprestasi , Kemampuan Pemecahan The Effect Of The Irme Approach On The Achievement Motivation , Problem Solving Skills , And Learning Achievement. Pythagoras, 9, 99–109.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1.

Widodo, M. S. (2014). Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2).

Yulia, & Jamaliah. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui PMRI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii. Pythagoras : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Issue

Section

Articles