Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Authors

  • Dewi Shopuro Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sri Sukasih Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68462

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Pembelajaran PKn mampu memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan siswa. Sudut pandang siswa terhadap muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih menjadi mata pelajaran yang membosankan, dan banyak guru masih mengunakan metode ceramah Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada muatan pembelajaran PKn kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdapat 5 tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 33 siswa, guru kelas V, dan tim ahli  (media dan materi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuisioner, dan wawancara. Setelah data terkumpul dilanjutkan untuk melakukan analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan yaitu Video Animasi sangat layak diaplikasikan dalam proses pembelajaran materi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas V sekolah dasar.

Published

2023-11-26

How to Cite

Shopuro, D., & Sukasih, S. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68462

Issue

Section

Articles