Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68462Keywords:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Pembelajaran PKn mampu memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan siswa. Sudut pandang siswa terhadap muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih menjadi mata pelajaran yang membosankan, dan banyak guru masih mengunakan metode ceramah Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada muatan pembelajaran PKn kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdapat 5 tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 33 siswa, guru kelas V, dan tim ahli (media dan materi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuisioner, dan wawancara. Setelah data terkumpul dilanjutkan untuk melakukan analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan yaitu Video Animasi sangat layak diaplikasikan dalam proses pembelajaran materi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas V sekolah dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Shopuro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.