Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68462Keywords:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Pembelajaran PKn mampu memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan siswa. Sudut pandang siswa terhadap muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih menjadi mata pelajaran yang membosankan, dan banyak guru masih mengunakan metode ceramah Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi pada muatan pembelajaran PKn kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdapat 5 tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 33 siswa, guru kelas V, dan tim ahli (media dan materi). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuisioner, dan wawancara. Setelah data terkumpul dilanjutkan untuk melakukan analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan yaitu Video Animasi sangat layak diaplikasikan dalam proses pembelajaran materi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari Kelas V sekolah dasar.
References
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121.
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.
Ahmadi, F., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.
Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.
Ani Sulianti, Yusuf Efendi, H. S. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.
Aria Farindhni, D. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 172–186. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21850.
Batubara, H. H. (2023). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Kencana.
Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y.
Deiby Tiwow, Veronica Wongkar, Navel Oktaviandy Mangelep, E. A. L. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic, 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219.
Dewi, Putu Diah Purnami, N. W. S. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/Jeu.V10i1.44775.
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Harry Sugara, F. M. (2020). Peran Guru Ppkn Dalam Membangun Karakter Bangsa Sebagai Respon Dan Tantangan Abad Ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 16–30. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2266.
Irawan, Y., Wulansari, & Edriyansyah. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android (Studi Kasus Di Paud Parahyangan). Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 30–34. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251.
Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84–92. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419.
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.
Lusiana, & Fatonah, S. (2022). Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3067.
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND.
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565.
Muna, K. N., & Wardhana, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183.
Munthe, M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilankurikulum Ditinjau Dari Sudut Manajerial. Jurnal Warta Dharmawangsa, 14(2). https://doi.org/10.46576/wdw.v14i2.626.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.
Ryan Indy, Fonny J. Waani, N. K. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosialdi Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditankabupaten Minahasa Utara. Holistik : Journal of Social and Cultural Anthropology, 12(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.
Siti Humaeroh, D. A. D. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3). https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Shopuro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.