Preferensi Pendekatan Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar: Perspektif Mahasiswa Calon Guru

Authors

  • I Gede Wahyu Suwela Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6742-0817
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.72852

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa, Calon Guru

Abstract

Mahasiswa calon guru membawa gagasan dan preferensi mereka ke dalam ruang kelas, yang dapat memengaruhi bagaimana bahasa diajarkan dan dipahami oleh generasi siswa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif mengenai preferensi mahasiswa calon guru sekolah dasar terhadap pendekatan pembelajaran bahasa. Desain penelitian mix-methods yang digunakan dalam penelitian ini adalah concurren embedded mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini berjumlah 112 mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-tes dengan instrumen berbentuk kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif seperti analisis frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi pandangan terhadap efektivitas pendekatan pembelajaran bahasa. Sementara sebagian besar mahasiswa calon guru melihat pendekatan tematik terpadu dan whole language sebagai yang paling efektif. Hal ini didasarkan pada potensi pendekatan tematik terpadu dan whole language dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan berbahasa secara komprehensif. Selain itu, Sebagian besar responden menyatakan kesiapan mereka dalam merancang dan mengimplementasikan metode pembelajaran bahasa berdasarkan pendekatan pilihan mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga terhadap pemahaman tentang perspektif mahasiswa calon guru serta memberikan gambaran untuk penelitian lanjutan terkait dengan pengembangan pendidikan guru yang lebih efektif.

References

Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan whole language di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393.

Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pgsd, 11(8), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127.

Famaney, H. S., & Wardani, N. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 455–465. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316.

Fauzi, C., & Basikin. (2020). The Impact of the Whole Language Approach Towards Children Early Reading and Writing in English. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 87–101. https://doi.org/10.21009/JPUD.141.07.

Hafidhoh, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 50–58. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/download/205/146.

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.

Ibrahim. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160.

Ivantri, R. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 185–200. https://www.ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/29.

Khoiruman, M. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kajian Linguistik, 9(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kaling/article/view/38949.

Liando, M. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Berea Tondano. EDU PRIMARY JOURNAL, 1(3), 1–8. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/221.

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9.

Nugrahanti, R., Suryadi, A., & Dewi, H. I. (2022). Studi Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Mind Mapping Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Instruksional, 4(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/13577.

Ridha, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.

Samaratungga, F. M., Manik, S. R. K., & Millennium, M. N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4), 273–278. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/63.

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4161.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suparya, I. K. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Pengembangan Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 121–129. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/11321.

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/26.

Viora, D., Wahyuningsi, E., Surya, Y. F., & Marta, R. (2021). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9379–9386.

Yuliana, E., Satria, T. G., & Kusnanto, R. A. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 203–210. https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/1356.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/89.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Antara, I. G. W. S., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2023). Preferensi Pendekatan Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar: Perspektif Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 540–547. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.72852

Issue

Section

Articles