Teknik Circle the Sage Meningkatkan Prestasi Membaca Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-7499-1909
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.73096

Keywords:

circle the sage, prestasi membaca, pembelajaran bahasa

Abstract

Membaca merupakan alat untuk memperluas pengetahuan pembaca dan membantu pembaca untuk berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik Circle the Sage terhadap prestasi membaca. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Siswa kelas VI sekolah dasar merupakan populasi dalam penelitian ini. Untuk memilih sampel penelitian, dilakukan metode cluster random sampling. Dua kelas yang menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih dari tiga kelas. Proses pemilihan kelompok dilakukan dengan cara pengundian. Kelompok pertama diajar dengan teknik Circle the Sage, sedangkan kelompok kedua diajar dengan menggunakan teknik three-phase. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan untuk mengetahui sebaran data dan homogenitas sampel, sedangkan uji t bertujuan untuk mengetahui perbedaan kedua sampel. RPP dan post-test adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, hasil statistik inferensial juga menunjukkan bahwa Hipotesis Nol penelitian ditolak karena t-hitung lebih besar dari t-tabel.

References

Agus, C., & Anwar, A. A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Literature Circle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7). https://doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2359-2372.

Ahdelia, I., Rapi, M., & Ismail, W. (2020). Efektivitas Metode Fishbowl Teknik Circle The Sage Dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Al Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(3). https://doi.org/10.24252/al-ahya.v2i3.17606.

al Aliyawinata, T. T., Utari, E., & Mahrawi, M. (2021). The effect of Discovery Learning on students’ higher-order thinking skills. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.53889/ijbetsd.v1i1.47.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Anggreni, R. (2011). The effect of Circle the Sage upon reading comprehension of the eight grade students of SMPN 2 Sawan in the academic year 2010/2011.

Apfani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Kooperatif Tipe Circ Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100033.

Balim, A. G. (2009). The effects of discovery learning on students’ success and inquiry learning skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35(35), 1–20.

Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 87–100. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7937.

Desti Ilhami. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Mengelilingi Narasumber (Circle The Sage) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 27 Padang. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/6110.

Dewi, N. M. K., Sudirman, & Suprianti, G. A. P. (2016). The Effect Of ”Circle The Sage” On Reading Achievement Of The Tenth Grade Students At Sma N 1 Sukasada In Academic Year 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i2.8674.

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306.

Killen, R. (2007). Effective teaching strategies: Lessons from research and practice. Thomson Social Science Press.

Litna, K. O., & Seli, M. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 504–510. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21880.

Maria, S. K. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Padaa Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Edudikara: Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.178.

Martina, W. (2011). The use of Circle the Sage as a strategy in teaching conditional sentence type 2.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327.

Putra, M. D., Wiyanto, W., & Linuwih, S. (2020). The effect of discovery learning on 21st century skills for elementary school students. Journal of Primary Education, 9(2), 201–208.

Rojabi, A. R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa EFL. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2). https://doi.org/10.30651/lf.v4i2.4946.

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587.

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Saputri, E., Sari, M., Oktaviarini, N., & Sari, E. Y. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Interaktif Animasi Zepeto Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sdn Ii Ringinpitu. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(3), 277–284. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1166.

Tuan, L. T. (2010). Infusing cooperative learning into an EFL classroom. English Language Teaching, 3(2), 123–126. https://doi.org/10.1002/amo.860010304.

Tuckman, B. W. (1999). Conducting Educational Research (5th ed.). USA: Harcourt Brace Collage.

Ukoh, E. E., & Aladejana, A. L. (2022). Effects of circle-the-sage strategy on secondary schools students’ numerical ability in physics in Nigeria. Momentum: Physics Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.21067/mpej.v6i2.6637.

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91.

Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 90. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534.

Wijayatiningsih, T. D., & Fathurrahman, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Paragraph Based Writing Menggunakan Circle The Sage Berbasis Critical Thinking. In PROSIDING : Seminar Nasional & Internasional.

Yuliatiningsih, T., Harjono, H. S., & Budiyono, H. (2022). Pembelajaran Membaca Berbasis Survey Question Read Recite and Review untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SMK. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v5i1.20213.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Jayanta, I. N. L., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2023). Teknik Circle the Sage Meningkatkan Prestasi Membaca Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 508–515. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.73096

Issue

Section

Articles