Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.73267Keywords:
Project-Based Learning (PjBL), Pemahaman konsep IPA, Sikap ilmiah, Pembelajaran konvensionalAbstract
Penyampaian materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan tidak diimbangi dengan model yang inovatif serta media yang mendukung, guru hanya menggunakan papan tulis, sehinga tidak ada kontribusi siswa dalam proses pembelajaran atau dapat dikatakan proses pembelajaran masih bersifat teacher centered. Siswa masih kesulitan dalam menuangkan pikiran atau gagasan suatu masalah yang diberikan oleh guru, karena dalam pembelajaran IPA tidak hanya materi yang dijelaskan namun siswa dituntut untuk mampu melakukan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan subjek kelas IV SD sejumlah 173 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes dan kuesioner dengan menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner dan tes. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan MANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan dalam sikap ilmiah antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa. Implikasi dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran PjBL lebih efektif untuk mengembangkan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.
References
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792.
Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.113353.
Astuti, P., Ningsih, S. Y., Fitri, R., Mustika, H., Hartati, Y. F., & Suci, E. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasir Penyu. Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.51806/jspm.v1i1.50.
Azizah, S. N., Siswanto, J., & Nuroso, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Ipae Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v6i2.2591.
Budiarti, Y., & Putri, K. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 10(1), 64–78. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v10i1.4610.
Dewi, N. L. G. K. K., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep IPA Dengan Mengontrol Minat Belajar Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(1), 40. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i1.9008.
Dewi, S., Apsari, N., & Lestari, N. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Siswa Kelas IV SDN 28 Kelakik. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 1(1). https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.310.
Harmelia, D., & Puspa Djuwita. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Membangun Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 346–354. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2.14749.
Huda Tri Amanda, N., Tahir, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5757–5768. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10126.
Husein, R. A., Fatkhiyani, K., & Khoimatun, K. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Ipa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4909–4922. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9534.
Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.303.
Jayeswari, M., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Keruak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 687–695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1267.
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238.
Marfilinda, R. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7 E Dan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 84. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.84-97.
Maulidyah, E., Hidayat, M. T., Kariyun, S., & Hartatik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Kelas IV SD. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2379.
Nazirin, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep PPKnPada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 19(2), 132–144. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.174.2018.
Nisaq, K., & Fajar, D. M. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII MTSN 2 Bondowoso. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 177. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.177-185.
Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665.
Nursakinah, S. K., Hakim, L., & Pratama, A. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa KelaS IV Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(3), 468. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.35610.
Octaviani, D., Murda, I. N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah. Mimbar Ilmu, 24(3), 364. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21678.
Paramitha, I. D. A. A., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa KELAS V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012.
Pransisca, M. A., & Gazali, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus I Masbagik Selatan Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Global Education, 58–69. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.83.
Rahma, A., & Masniladevi, M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 75. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10406.
Rahmatin, L. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SDN Liwung Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Global Education, 9–14. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.77.
Rahmawati, R. (2023). Pengaruh Metode Peta Konsep Berbasis Online Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Konsep Gaya Siswa Kelas IV SD. JS (Jurnal Sekolah), 7(4), 524. https://doi.org/10.24114/js.v7i4.31979.
Ramadhani, S. P. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047.
Sarjana, I. K. D., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Pogil, Gaya Kognitif, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(1), 21. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i1.9006.
Sugiharti, S., Joharman, J., & Suhartono, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Ekspositori terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS tentang Keragaman Budaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kutowinangun. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i3.43711.
Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1137. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7871.
Susanti, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(2). https://doi.org/10.24036/pmat.v11i2.13300.
Susianita, D., & Koto, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning melalui Media Nyata Terhadap Kemampuan Konseptual dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 47–59. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8679.
Syafriani, R., & Hasanah, H. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Singkil. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 526–540. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.293.
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677.
Wawan Eka Setiawan, & Neri Egi Rusmana. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi IPA Kelas V SD. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 116–126. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.981.
Winaya, I. M. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.925.
Yana Supriatna, Anton Noornia, Deasiyanti, & Lamria. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Dan Model Pembelajaran Konvensional Dengan Konsep Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Visipena Journal, 10(2), 218–228. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.502.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Sugiartini, I Made Gunamantha, I Made Ardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.