Model Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Refleksi 4P Berbasis Guide Note Taking bagi Peserta Didik Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.78581Keywords:
Kesulitan Belajar Matematika, Pengembangan Pembelajaran Inklusif, Peningkatan Hasil Belajar SDAbstract
Penelitian ini didasarkan pada masalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang mengalami kesulitan belajar Matematika di kelas IV SD. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran berdiferensiasi dengan refleksi 4P berbasis guide note taking dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar Matematika, berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh para ahli. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengukur peningkatan hasil belajar, dan Uji Korelasi Rank Spearman untuk menentukan hubungan antara apresiasi peserta didik terhadap model pembelajaran dengan hasil belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi dengan refleksi 4P berbasis guide note taking secara signifikan meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa model ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan dapat menjadi solusi bagi pembelajaran Matematika yang lebih inklusif. Implikasi penelitian ini adalah perlunya implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dengan refleksi 4P dalam konteks pendidikan inklusif, serta perlunya pengembangan lebih lanjut untuk menyesuaikan model ini dengan berbagai mata pelajaran dan konteks pendidikan lainnya.
References
Acoci, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam serta Pemanfaatannya melalui Model Pembelajaran Guided Note Taking Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Katobengke Kota Baubau. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.283.
Aghytia, S. N., & Dumiyati. (2020). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi dengan Pendekatan Group Investigation di Kelas XI MA Al-Hidayah Jenu. … : Jurnal Pendidikan Ekonomi …, 01(02), 34–38. http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/229%0A.
Andini, D. W., Rahayu, A., Budiningsih, C. A., & Mumpuniarti. (2020). The curriculum adaptation model in fulfilling the learning need for diverse students at inclusive classroom. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 115–123. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081716.
Bentri, A., & Hidayati, A. (2022). The Developing of Digital Pedagogical Curriculum of Primary Education Teachers in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012097.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127.
Fatayan, A., & A. Ghani, R. (2022). Pendidikan Berkeadaban.
Fatayan, A., Ayu, S., & Umam, K. (2023). Enhancing learning motivation of university students in Indonesia with the RADEC model and Google Earth. World Transactions on Engineering and Technology Education, 21(2), 128–133.
FATAYAN, A., HANAFI, I., SARI, E., & GHANI, A. R. A. (2019). The Implementation of School Based Management: School Committee Involvement in Islamic Schools. International E-Journal of Educational Studies, 4(7), 106–110. https://doi.org/10.31458/iejes.608131.
Gradini, E. (2022). Development of Rubric of Higher Order Thinking Skills Assessment on Mathematics Learning. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 6(1), 61–74.
Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 178–184. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329.
Hubbard, J., & Livy, S. (2021). Self-Study of a Mathematics Learning Consultant: Supporting Teachers to Plan Lessons for Implementing Differentiation in the Classroom. Mathematics Teacher Education and Development, 23, 148–165.
Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2023). Pendidikan Inklusi berbasis GEDSI (Gender Equality, Disability and Social Inclusion). Mata Kata Inspirasi. https://books.google.co.id/books?id=8eK_EAAAQBAJ.
Intania, E. V., & Sutama, S. (2020). The role of character education in learning during the COVID-19 pandemic. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 129–136. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32979.
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era . Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163(ICoSIEBE 2020), 145–151. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.026.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ) (M. F. Mariati Purba, Yusri Saad (ed.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran.
Putrie, S. N., & Syah, M. N. S. (2023). Development of 3D Math AR Applications as Mathematics Learning Media Augmented Reality Based. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 5(1), 72–81. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v5i1.6401.
Qureshi, M. A., Khaskheli, A., Qureshi, J. A., Raza, S. A., & Yousufi, S. Q. (2021). Factors affecting students’ learning performance through collaborative learning and engagement. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1884886.
Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54.
Sari, Y. Y., Zulaiha, S., & Mulyono, H. (2020). The development of a digital application to promote parents’ involvement in character education at primary schools. Elementary Education Online, 19(4), 2564–2570. https://doi.org/10.17051/ilkonline.19.04.001.
Savika, H. I., Nawali, J., Mufidah, I. K., & Susilawati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran di MI dan SD. Journal of Research on Science Education, 2(2), 1–956. https://doi.org/10.4324/9780203097267.
Schaeffer, M. W., Rozek, C. S., Maloney, E. A., Berkowitz, T., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2021). Elementary school teachers’ math anxiety and students’ math learning: A large-scale replication. Developmental Science, 24(4). https://doi.org/10.1111/desc.13080.
Sudjana, N. (2020). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Cetakan 16). Sinar Baru Algensindo.
Sumarni, E. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran IPS. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 29–46. https://doi.org/10.36312/ejiip.v3i1.153.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270.
Umam, K., Nusantara, T., Parta, I. N., Hidayanto, E., & Mulyono, H. (2019). An Application of Flipped Classroom in Mathematics Teacher Education Programme. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(03), 68. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i03.10207.
Visscher, D., & White, N. (2019). New Dimensions of Math Anxiety in an RMARS-Addendum.
Yuni, S. R., Rambe, S., & Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif di Madrasah. JCSR: Journal of Creative Student Research, 2(3), 1–15. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/3675.
Zeivots, S., Vallis, C., Raffaele, C., & Luca, E. J. (2021). Approaching design thinking online: Critical reflections in higher education. Issues in Educational Research, 31(4), 1351–1366.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 arum fatayan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.