Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi di Sekolah Dasar Karakter

Authors

  • Widy Rossani Rahayu Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Arum Fatayan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Yessy Yanita Sari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.79928

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Integrasi, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya karakter siswa berdampak pada output siswa sekolah dasar yang tidak baik. Implementasi pendidikan karakter dilakukan secara terpadu dalam setiap kegiatan harian di sekolah akan membentuk karakter pada siswa. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu menganalisis implementasi pendidikan karakter terintegrasi di sekolah dasar karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami fokus penelitian secara menyeluruh. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan data penelitian penelitian ini yakni dokumentasi dan observasi langsung. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu Pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dasar telah dilaksanakan sejak berdirinya sekolah. Visi dan misi sekolah menegaskan pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Strategi yang digunakan untuk pendidikan karakter melibatkan seluruh elemen baik internal maupun eksternal sekolah. Hal ini termasuk pimpinan sekolah, guru, petugas keamanan, staf yayasan, dan orang tua siswa. Keterlibatan seluruh elemen ini penting untuk menciptakan iklim sekolah yang kondusif. Unsur internal dan eksternal sekolah memiliki pemahaman yang sama akan pentingnya pendidikan karakter. Guru juga turut mengingatkan siswa untuk menerapkan Pilar Karakter dalam kehidupan sehari-hari. Peran orang tua juga dirancang sedemikian rupa agar dapat mendukung pendidikan karakter secara maksimal.

References

A. Lin Goodwin, Ee-Ling Low, L. D.-H. (2017). Empowered Educators in Singapore: How High-Performing Systems Shape Teaching Quality (Vol 01). Jossey-Bass.

Almerico, G. M. (2014). Building character through literacy with children’s literature. Research in Higher Education Journal, 26, 1–13.

Apriliani, M. A., Maksum, A., Wardhani, P. A., Yuniar, S., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 129. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.129-145.

Aryanti, W. S. (2020). Menjaga Kebersihan Sekolah dan Karakter Peduli Lingkungan bagi Murid MI/SD di Indonesia. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.110.

Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593.

Cahyaningrum, D., & Suyitno, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Siswa Sd Muhammadiyah Karangkajen Ii Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 65–76. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.40975.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150.

Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar PPKn Berdimensi Penguatan Pendidikan Karakter dengan Contoh Kontekstual. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30681.

Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T. (2019). Potensi Keluarga Dalam Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi, 13(1), 1–12.

Fatayan, A., Hanafi, I., Sari, E., & Ghani, A. R. A. (2019). The Implementation of School Based Management: School Committee Involvement in Islamic Schools. International e-Journal of Educational Studies, 4(7), 106–110. https://doi.org/10.31458/iejes.608131.

Fatayan, Arum. (2022). The Role of University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) in Developing Holistic Education.

Fatayan, Arum, & A. Ghani, R. (2022). Pendidikan Berkeadaban.

Fatayan, Arum, Ayu, S., & Umam, K. (2023). Enhancing learning motivation of university students in Indonesia with the RADEC model and Google Earth. World Transactions on Engineering and Technology Education, 21(2), 128–133.

Fatayan, Arum, Bachrudin, A. A., & Ayu, S. (2022). Evaluasi Efektivitas Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah Cabang Ciledug Kota Tangerang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4258–4265. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2850.

Ghani, A. R. A., Fatayan, A., Azhar, N. C., & Ayu, S. (2022). Evaluation of technology-based learning in an Islamic school. 20(3), 190–195.

Goodwin, A. L. (2021). Teaching Standards, Globalisation, and Conceptions of Teacher Professionalism. European Journal of Teacher Education, 44(1), 5–19. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1833855.

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. NASSP Bulletin, 76(545), 119–120. https://doi.org/10.1177/019263659207654519.

Mansir, F., Parinduri, M. A., & Abas, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembinaan Peserta Didik dalam Membentuk Watak Kuat-Positif. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 429–437. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6811.

Megawangi, R. (2016). Pendidikan Karakter: Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Foundation. 226.

Miller, J. P., Nigh, K., Binder, M. J., Novak, B., & Crowell, S. (2019). International handbook of holistic education. In International Handbook of Holistic Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315112398.

Nafsia, A., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2020). Pembentukan karakter anak melalui Budaya Nalo pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.439.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2015). Human Development (Psikologi Perkembangan): Bagian I s/d IV. Kencana Prenadamedia Group.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.

Rahmadani, J. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Berbasis Tematik di SDN SUmbersari 2 Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(23), 1–14.

Rismita, R., Khuluqo, I. El, Istaryatiningtias, I., & Hendra, A. N. (2020). The Selection of Outstanding Teachers to the Determination of Ranking on Professional and Intellectual Managerial Performances. Al-Ta lim Journal, 27(1), 72–79. https://doi.org/10.15548/jt.v27i1.602.

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849.

Shodiq, S. F. (2021). Pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Basicedu, 5(6), 5648–5659.

Siregar, N., Hutahaean, H., Meka, M. A., Depari, R., Hasugian, R., Tambunan, T. M., Sitepu, W., & Ginting, E. K. R. (2021). Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 190. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (13th ed). Alfabeta.

Syafa, I. P., Putri, M., Setiawati, N. Z. E., & Marini, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Berbasis E-Modul Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 313–328. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4228.

Ya, K. Z., Giatman, M., Rizal, F., & Wulansari, R. E. (2020). Revisiting the School-Based Management Recent Studies. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 119–127. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.897.

Yatri, I., Fatayan, A., & Granatuma, H. F. (2022). The Implementation of School-Based Management in Islamic Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4629–4636. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2239.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.

Zulmi, R. A., Suparyanto dan Rosad (2015, Puspitarini, Publikasi, N., Kesehatan, F. I., Nugroho, A., Latihan, P., Tungkai, P., Pendidikan, U., Kahfi, M. K., Wiyaja, F. J. M., & Diputra, R. (2018). 済無No Title No Title No Title. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(6), 24–29.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Widy Rossani Rahayu, Arum Fatayan, & Yessy Yanita Sari. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi di Sekolah Dasar Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(2), 361–370. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.79928

Issue

Section

Articles