Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27986Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah peserta didik yang kurang aktif, guru yang belum memanfaatkan kreativitasnya dalam menyampaikan materi dan mengembangkan media pembelajaran serta kurang memanfaatkan sarana prasarana yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam implementasi pendekatan saintifik di kelas III SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Huberman dengan aktifitas yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam implementasi pendekatan saintifik dapat berpengaruh dalam proses pembelajaran di kelas III SD Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku peserta didik yang semula pasif, suka mengobrol sendiri menjadi peserta didik yang aktif dan antusias dalam proses pembelajaran serta dalam menerapkan pendekatan saintifik guru sudah memanfaatkan dan mengembangkan sarana prasarana sebagai media pembelajaran. Dengan menerapkan pendekatan saintifik sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.References
Barinto. 2012. Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 9 (2): 201-214
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Rista Sumaryaning. 2016. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik Tema Sehat itu Penting Kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Semarang: UIN WALISONGO.
Habibullah, A. 2012. “Kompetensi pedagogik guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan”, 10(3). DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v10i3.169
http://www.jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/viewFile/169/124. Diakses 22 November 2019.
Henukh, Febriana Marthin. 2015. “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di SDN Cepit, Bantul”.
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/976/886. Artikel. Diakses 20 November 2019.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kartika, Nadia I. 2016. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Di SD Negeri Danaraja 02 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal”. Skripsi. Semarang: UNNES.
Maulidina, M. A. 2018. “Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. JINOTEP.4(2), 113-118. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113
Moeleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman, Dr. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujarwanta, A. 2012. Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. 16 (1): 75-83.
Umiati. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII-D Di SMPN 04 Kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Usman H. & Raharjo, N. E. 2013. Strategi kepemimpinan pembelajaran menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Journal Cakrawala Pendidikan. 22 (1): 1-13. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1253
Yasin, A. F. 2011. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di MIN 1 Malang. Jurnal Elqudwah. 1 (5): 157-181.
Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.