Penerapan Metode Inkuiri Melalui Pemanfaatan Media Powerpoint Berbasis Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29711Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas metode inkuiri melalui pemanfaatan media pawerpoint berbasis mandiri terhadap meningkatkan motivasi dan Prestasi belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan sampel penelitian seluruh siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 orang. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dengan menggunakan skala Likert (1-5) dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang disusun dalam bentuk tes objektif dengan skala 100. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi siswa kelas XI. Rata-rata motivasi belajar Biologi siswa sebesar 80,15 dengan kategori tinggi pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,85 dengan kategori sangat tinggi; 2) terjadi peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 tahun pelajaran 2019/2020 melalui implementasi metode inkuiri melalui pembuatan powerpoint). Rata-rata prestasi belajar biologi siswa sebesar 68,40 dengan kategori cukup pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,00 dengan kategori sangat baik. Jadi, terdapat pengaruh metode inkuiri melalui pemanfaatan media pawerpoint berbasis mandiri terhadap meningkatkan motivasi dan Prestasi belajar biologi
References
Agustini, P. P., Kristiantari, M. . R., & Putra, D. K. N. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 8 Sumerta. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7265
Aisyah, S., & Lokaria, E. (2019). ANALISIS HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PROGRAM IPS : DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi Vol., 10(2), 95–107. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/index%0Ap-ISSN
Andoko, T. H. (2020). Peningkatan Hots Dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inkuiri Kelas 7C Smpn 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 92. https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134
Candrawati, E. (2020). PENERAPAN MODEL DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.287
Christopel, C., & Kuntoro, S. A. (2016). Pemahaman Nilai-Nilai Demokrasi Siswa Melalui Metode Inquiri Pada Pembelajaran Pkn Di Sma Negeri 1 Gamping Sleman. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9697
Dwiki Setya Prayoga, Lodra, I. N., & Abdillah, A. (2020). Perancangan Audio Visual Sebagai Media Propaganda Dalam Pelestarian. Jurnal Brikolase, 11(2), 115–128. https://doi.org/https://doi.org/10.33153/brikolase.v11i2.2829
Febrianti, E. S., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe-Group Investigation (Gi) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.10-14
Harahap, khairuddin ahmad didayah, Nasution, wahyuddin nur, & Mardianto. (2018). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu Vi Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun. Edu Riligia, 2, 275–290.
Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic for Application (Vba) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 30. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648
Isrianto, P. L. (2016). Pembelajaran Inkuiri Melalui Bertanam Limbah Sayuran untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi UWKS Pada Matakuliah Bercocok Tanam. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(2), 407–416. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3279
Mawaddah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Reseach, 2(2), 2654–4210. https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/6254
Mohammad, F. H., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa KELAS V. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315
Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Inquiri pada Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 210–220. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.7
Suwitri, N. P. D., Ardana, I. K., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Banjar Anyar Kediri. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1251
Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78
Wahyuningsih, D., & Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7237
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi, XV(2), 24–32. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/download/2886/2253.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.