Implementasi Literasi Digital pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Naimah Institut Daarul Qur’an Jakarta, Tangerang, Indonesia
  • Muhammad Fauzan Muttaqin Institut Daarul Qur’an Jakarta, Tangerang, Indonesia
  • Meilina Institut Daarul Qur’an Jakarta, Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75992

Keywords:

Implementasi, Literasi digital, Sekolah dasar

Abstract

Literasi digital di sekolah dasar sangat penting karena siswa lebih tertarik pada hiburan atau bermain game online serta Rendahnya budaya literasi yakni kurangnya referensi, media, motivasi dan sulit untuk memunculkan berbagai macam ide untuk di tulis dan di ceritakan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi literasi digital di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, serta wawancara dengan beberapa sumber informasi, termasuk kepala sekolah, 2 guru, dan 3 siswa. Selain itu, studi dokumentasi juga digunakan untuk mendukung pengumpulan data. Teknik keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi digital mampu memberikan informasi kepada siswa terkait dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial. Faktor keberhasilan program ini ialah sekolah bekerja sama dengan wali murid. Implikasinya untuk sekolah melalui literasi digital ialah pengetahuan dalam penggunaan media sosial, pemanfaatan untuk mencari sumber informasi, etika bermedia sosial, kesadaran umum tentang media sosial, bahayanya permainan yang membuat candu, korban media sosial dan pengabaian manajemen waktu. Siswa sekolah dasar harus dididik tentang penggunaan yang diperlukan untuk menghindari intimidasi.

References

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916.

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4263.

Andhany, E., & Maysarah, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3503. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6299.

Arby, A. R., Hadi, H., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Budaya Literasi terhadap Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 181–188. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19388.

Astuti, E. Z. L. (2019). Gerakan Literasi Digital: Studi Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa di Kulonprogo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-05.

Atma, B. A., Azahra, F. F., Mustadi, A., & Adina, C. A. (2021). Teaching style, learning motivation, and learning achievement: Do they have significant and positive relationships. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 23–31. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.33770.

Azizah, & Eliza, D. (2023). Pengembangan Digital Book berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak. Jurnal Obsesi, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4174.

Cindy, N. L. C. R., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2023). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 449–465. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022.

Fahmi, J. N., & Rochmiyati, S. (2024). Pengaruh Jurnal Membaca Digital terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 71–77. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.745.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493.

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran ipa untuk mendukung kesiapan guru sebagai role model keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 343–347. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i3.1345.

Heri Setiawan. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Modal Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Vokasi. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 427–432. https://doi.org/10.58230/27454312.418.

Imawati, S., Meliyana, D., Yusuf, N., & Santoso, G. (2022). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 14(2), 111–120. https://doi.org/10.31603/edukasi.v14i2.8060.

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dalam pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996.

Karaman, J., Setyawan, M. B., Widaningrum, I., & Sugianti. (2021). Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.3701.

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada Umkm Di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. JPMF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Formasa, 1(1). https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.342.

Mpungose, C. B. (2021). Lecturers’ reflections on use of Zoom video conferencing technology for e-learning at a South African university in the context of coronavirus. African Identities. https://doi.org/10.1080/14725843.2021.1902268.

Muftiroh, I., & Atqia, W. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Digital Keagamaan Di Era Pandemi Covid-19 SMAN 1 Petarukan. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 4(2), 263-274. https://doi.org/10.37092/ej.v4i2.307.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684.

Nurcahyo, M. A. (2020). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077.

Pangesti, A. T., & Hidayati, D. (2022). Kompetensi Literasi Digital Kepala Sekolah Di Sd Muhammadiyah Rimbo Bujang Dan SD Negeri 119/VIII Kabupaten Tebo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9103.

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.

Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo Pada Pembelajaran Sejarah. Sejarah Dan Budaya, 14(2), 142–152. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142-152.

Siagian, N., Ridayani, Andrias, Kamsinah, Maryanti, E., Fatmawati, E., … Fajri, I. (2023). The effect of environmental citizenship and spiritual norms as mediators on students’ environmental behaviour. International Journal of Adolescence and Youth, 28(1), 2231511. https://doi.org/10.1080/02673843.2023.2231511.

Siroj, H. A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 1 Dasan Tapen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.668.

Smith, C., & Cekiso, M. (2020). Teachers’ understanding and use of visual tools in their numeracy classrooms: A case study of two primary schools in gauteng. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 8. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.887.

Sulthon, M., Pujiastuti, P., & Retnawati, H. (2021). What is the teacher’s challenge on the developing of learning media to increase critical thinking ability and the character. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.34876.

Vetter, M., O’connor, H. T., O’dwyer, N., Chau, J., & Orr, R. (2020). ‘Maths on the move’: Effectiveness of physically-active lessons for learning maths and increasing physical activity in primary school students. Journal of Science and Medicine in Sport, 23(8), 735–739. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2019.12.019.

Wahyuniari, N. G. A. D., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2023). Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Komik Digital Terhadap Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.66101.

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448.

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695–8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909.

Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Naimah, Muhammad Fauzan Muttaqin, & Meilina. (2024). Implementasi Literasi Digital pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75992

Issue

Section

Articles