Media Pembelajaran Power Point Berbasis Classpoint Dalam Membaca Permulaan

Authors

  • Evi Hanafiah Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Nurrohmatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.76493

Keywords:

Media Pembelajaran, Powerpoint, Classpoint

Abstract

Kurangnya media pmebelajaran seringkali menjadi hambatan bagi siswa dalam belajar sehingga proses pembelajaran tidak berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint dalam membaca permulaan siswa kelas I SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall modifikasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu obervasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian dari ahli materi yaitu 86% (sangat baik). Penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu yaitu 89% (sangat baik). penilaian ahli pembelajaran yaitu 100% (sangat baik). Penerapan media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint di sekolah memberikan hasil yang bagus dalam penelitian tersebut dan mampu meningkatkan hasil belajar pembaca pemula pada siswa kelas I. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji perbandingan rata-rata rata hasil pretest dengan jumlah nilai 60,22 dan hasil posttest dengan jumlah nilai 78,73. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar saat siswa sebelum dan sesudah diberikan powerpoint sebagai media pembelajaran. Disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint berbasis classpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abdelrady, A. H., & Dkk. (2022). An Empirical Study of ClassPoint Tool Application in Enhancing EFL Students’ Online Learning Satisfaction. Systems, 10(5), 1–14. https://doi.org/10.3390/systems10050154.

Afifah N, H. S. (2019). Pengaruh media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar pada pelajaran matematika kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209–216. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035.

Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. Didaktika tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3342.

Anas, N., & Sapri. (2021). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30829/eunoia.v1i1.997.

Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A*. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 195. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682.

Ávila, D. M., Agámez, C. S., Cecilia, V., Barrera, S., Mejía, D., Agámez, C. S., Cecilia, V., Barrera, S., Mej, D., & Carlos, S. (2022). Environmental Education Developing digital lessons to integrate social science teaching in Colombia using Google Earth Developing digital lessons to integrate social science teaching in Colombia using Google Earth. International Research in Geographical and Environmental Education, 0(0), 1–20. https://doi.org/10.1080/10382046.2020.1766225.

Bong, E., & Chatterjee, C. (2022). The Use of a ClassPoint Tool for Student Engagement During Online Lesson. The Asian Conference on Education 2021: Official Conference Proceedings, 501–509. https://doi.org/10.22492/issn.2186-5892.2022.39.

Bua, M. T. (2022). Efektivitas Media Animasi pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. In Jurnal BASICEDU (hal. 3594–3601). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689.

Choirina, V. N. (2020). Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 63–69. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31354.

Diana, D. R., & Agustiani, I. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan). https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.23.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Faridah, I., Ratna Sari, F., Wahyuningsih, T., Putri Oganda, F., & Rahardja, U. (2020). Effect Digital Learning on Student Motivation during Covid-19. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020, 6–10. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268843.

Fathimaturridha, A., D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease2019. Edu Riligia, 4(2), 150–158. https://doi.org/10.47006/er.v4i2.8181.

Fitriana, N. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Persentasi Classpoint dan Game Edukasi (Quizizz & Kahoot) pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/action.v3i1.1982.

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. In AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra (hal. 10–24). https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24.

Kurniawan, N. D., & Yatri, I. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502.

Linda, H., & Riyanti, H. (2022). Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 17 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 765–771. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5309.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311.

Nurhidayati, A., I., A., M., & Dariyadi, W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Karinov, 2(3), 181–184. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184.

Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120–126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51.

Nurmaliza, N., Meliza, W., Gusrita, M., Agustin, S., & Hanafi, M. D. (2021). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(1), 40. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.15559.

Sari, P. A. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601.

Tamo, A., Talu, I., Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2019). Pemanfaatan Media Bigbook Dalam Membaca Permulaan Anak Tk Kelompok B Di Kecamatan Langke Rembong. RANDANG TANA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jrt/article/view/285/205.

Waty, H. R. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif E-Learning Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Classpoint (Vol. 4, Nomor 1, hal. 1–10). https://doi.org/10.32832/idarah.v4i1.4583.

Yusi, M. (2022). A Classpoint as intervention strategy in teaching Business Math. AJARCDE (Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment, 7(1). https://doi.org/10.29165/ajarcde.v7i1.176.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Evi Hanafiah, & Amaliyah, N. (2024). Media Pembelajaran Power Point Berbasis Classpoint Dalam Membaca Permulaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 39–48. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.76493

Issue

Section

Articles