PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16399Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperative Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Puzzle pada siswa kelas V semester II di SD N 4 Kaliuntu tahun pelajaran 2017/2018.Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 4 Kaliuntu Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan alat pengumpul data adalah tes hasil belajar dan lembar obeservasi (aktivitas guru dan siswa). Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 4 Kaliuntu. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 72,63 yang berada pada kategori cukup baik, dengan persentase ketuntasan belajar 60,52%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 80,65 yang berada pada kategori baik, dengan persentase ketuntasan belajar 89,47%. Perubahan ini terjadi karena penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dilaksanakan secara seksama dengan memperhatikan karakteristik dan kesulitan siswa.
Kata-kata kunci: Model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD
Referensi
Arikunto .S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : PT Sarana Turorial Nurani Sejahtera
Hamalik , Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Slavin. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nukencana, W dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional
Sudjana, Nana. 1997. Penilaian Hasil dan Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
http://denokdwiapriliana.blogspot.com/2011/05/hakikat-konsep-dasar-IPA-di-sd.html,
februari 2018
http://zhensafandi.wordpress.com/2012/09/25/konsep-konsep-dasar-media-pembelajaran, 7 februari 2018
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.