PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA

Penulis

  • Wiriya Suwandi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16399

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperative  Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Puzzle  pada siswa kelas V semester II di SD N 4 Kaliuntu tahun pelajaran 2017/2018.Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 4 Kaliuntu Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan alat pengumpul data adalah tes hasil belajar dan lembar obeservasi (aktivitas guru dan siswa). Data dianalisis  dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif   Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 4 Kaliuntu. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 72,63 yang berada pada kategori cukup baik, dengan persentase ketuntasan belajar 60,52%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 80,65 yang berada pada kategori baik, dengan persentase ketuntasan belajar 89,47%. Perubahan ini terjadi karena penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dilaksanakan secara seksama dengan memperhatikan karakteristik dan kesulitan siswa.

 

Kata-kata kunci: Model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD

Referensi

Arikunto .S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : PT Sarana Turorial Nurani Sejahtera

Hamalik , Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Slavin. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nukencana, W dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional

Sudjana, Nana. 1997. Penilaian Hasil dan Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

http://denokdwiapriliana.blogspot.com/2011/05/hakikat-konsep-dasar-IPA-di-sd.html,

februari 2018

http://zhensafandi.wordpress.com/2012/09/25/konsep-konsep-dasar-media-pembelajaran, 7 februari 2018

Diterbitkan

2018-12-21

Cara Mengutip

Suwandi, W. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 186–193. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16399

Terbitan

Bagian

Articles