PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERMEDIAKAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084Abstrak
Permasalahan rendahnya hasil hasil belajar PKn siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Seririt menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya hasil belajar PKn terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dalam mata pelajaran PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran VCT berbantuan media video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional pada siswa kelas V Semester II di SD Gugus III Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian Non Equivalen Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus III Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 143 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VA di SD Negeri 3 Seririt yang berjumlah 25 orang dan kelas V SD Negeri 1 Pengastulan yang berjumlah 21 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan (uji-t) diperoleh thit= 6,092 > ttab= 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran VCT berbantuan media video dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VCT berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa.
Kata kunci: hasil belajar, VCT, video.
Referensi
Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai-Karakter Konstrutuktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Alvionita, Vivi. 2013. “Pengaruh Penerapan Media Video Terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi Pokok Sistem Pernapasan”. Jurnal Bioterdidik, Volume 1, No 7 (hal 8).
Anggarini, Dewi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Gambar Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas V SD Gugus VI Tajun”. Jurnal Mimbar PGSD. Vol. 2 No 1.
Hernivora, Paramita. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Cerita Mahabharata Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas 5 Pada Pelajaran PKn Semester I Gugus 5 Mandara Giri Tamblang Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1.
Fitriani, Vetty, dkk. 2016. “Penerapan Model VCT (Value Clarification Technique) Dengan Menggunakan Media Cerita Daerah Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 25 No. 1.
Nandari, Tri. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran VCT Bermuatan Cerita Berdilema Moral Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kamasan”. Jurnal Mimbar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No.1.
Putra, I Dewa Made Arta. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Volume: 2 No.1.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwatra, Ign I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Syaifuddin, Mohammad. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenederal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Widiantari, Ni Nyoman. 2013 “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus V Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume: 2 No.1.
Yuliasri, Sri. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.