Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29861Abstrak
Kurangnya penggunaan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran membuat hasil belajar siswa dalam belajar menjadi rendah. Aspek kompetensi meliputi tiga ranah yaitu, pengetahuan, sikap dan keterampilan ketiga aspek tersebut harus terintegrasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan pengetahuan, dan keterampilan siswa melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelas X SMK kompetensi keahlian multimedia, dengan materi pokok/kompetensi dasar molekul. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen/praktik pada pembelajaran fisika.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaborasi antara peneliti dan guru.Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa adalah nilai rata-rata raport pada saat siswa masuk ke SMK serta untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran dengan rata nilai test pada setiap siklus dengan menggunakan metode eksperimen/praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil test tiap siklus. Dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebelum pra siklus nilai rata-rata 6,03, siklus I nilai rata-rata 6,25, pada siklus ke II nilai rata-rata 7,58,. Berdasarkan analisa data tersebut dapat dilihat bahwa penerapan metode eksperimen/praktik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Aldona, V., Sitompul, S. S., & Mursyid, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Alat Peraga Papan Optik Di Smp. 3(2), 54–67.
Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802
Depdiknas. (2013). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Hermawan Budi Santoso, S. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 5–9.
Ikm, P., & Ugm, F. K. (2011). Penelitian Eksperimen Penelitian Eksperimen. 1–38.
Mahdalena, S., & Sain, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin. Asatiza Jurnal Pendidikan, 1(1), 118–138.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696
Nurfathoanah. (2015). Implementasi Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(2), 118. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i3.857
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.
Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551
Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip, dan Operasionalnya. In Akademia Pustaka.
Wahyudi, & Suseno, N. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X Semester Ganjil Sman 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.109
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.