Instrumen E-Assessment Berbasis Quizizz tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA

Authors

  • Indah Nurhidayah Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Ardi Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44006

Keywords:

E-Assessment, Quizizz, Sistem Koordinasi

Abstract

Pembelajaran daring mengharuskan adanya transisi proses pembelajaran melalui sistem online, termasuk dalam proses asesmen hasil belajar. Namun, guru masih jarang memanfaatkan aplikasi untuk asesmen online (e-assessment). Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrumen e-assessment berbasis Quizizz tentang materi sistem koordinasi untuk kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen biologi dan 1 orang guru Biologi. Data diperoleh melalui angket validasi dan angket uji praktikalitas dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata validitas logis dari segi materi adalah 93,75% dengan kriteria sangat valid dan pada aspek konstruksi diperoleh nilai rata-rata 91,47% dengan kriteria sangat valid. Ditinjau dari segi aspek bahasa didapatkan nilai rata-rata 92,50% dengan kriteria sangat valid dan pada aspek kegrafikan diperoleh nilai rata-rata  92,50% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata nilai validitas yang diperoleh sebesar 92,85% dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata nilai praktikalitas oleh guru sebesar 97,70% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik sebesar 84,80% dengan kriteria sangat praktis. Maka, dihasilkan instrumen e-assessment berbasis Quizizz tentang materi sistem koordinasi untuk kelas XI yang valid dan praktis. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai instrumen asesmen dalam pembelajaran biologi di sekolah.

References

Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Alruwais, N., Wills, G., & Wald, M. (2018). Advantages and Challenges of Using e-Assessment. International Journal of Information and Education Technology, 8(1), 34–37. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.1.1008. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.1.1008

Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal, 5(1), 198–209. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p525-534

Ardi, A., Syamsurizal, S., & Muttaqiin, A. (2018). Clasroom Classroom Based Assessment Development for Improving Science Teacher’s Competency in Secondary School at Koto Tangah District. Pelita Eksakta, 1(1), 10. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol1-iss1/24. DOI: https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol1-iss1/24

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.

Cahyani, R. R. (2021). Pengembangan Soal Tes Berbasis Quizizz sebagai Alat Evaluasi untuk Menumbuhkan Motivasi Berkompetisi Peserta Didik. 90.

Chrysafiadi, K., Troussas, C., & Virvou, M. (2020). Combination of Fuzzy and Cognitive Theories for Adaptive E-Assessment. Expert Systems with Applications, 161, 113614. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.113614. DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.113614

Darussyamsu, R., Rusdinal, R., Ananda, A., & Gistituati, N. (2021). Educational Assessment System in Japan, Germany, and Indonesia; a Comparative Study. 408–416.

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 199–204. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429. DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312. DOI: https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Hamidah, M., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz. Efisiensi: Kajian Ilmu Adminsitrasi, 18(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997. DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997

Hardinata, A., Simatupang, H., Hanifa, F., Latip, A., Efwinda, S., & Yogica, R. (2020). Survey on The Effectiveness of Online Lectures During Covid-19 Pandemic : Methods and Difficulties. Indonesian Science Education Research (ISER), 2(2), 7–12. DOI: https://doi.org/10.24114/iser.v2i2.22223

Helendra, & Sar, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860

Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model Asesmen Autentik untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Implementasi Asesmen Autentik di SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 131. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.10063. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.10063

Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226. DOI: https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom, Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 19–35. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Prisuna, B. F. (2020). Pengembangan Media Tes Fisika Berbasis Online untuk Sekolah Menengah Atas Media Development of Online-Based Physics Test for Senior High School. 13(1), 41–51. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.30167

Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813

Rahmi, Y. L., Miatidini, N. A., Alberida, H., Darussyamsyu, R., Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Titin, T., Koc, I., & Sison, M. (2021). HOTS Assessment of Biology Cell: Validity, Practicality and Reliability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 481–487. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.742. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.742

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Sánchez-Cabrero, R., Casado-Pérez, J., Arigita-García, A., Zubiaurre-Ibáñez, E., Gil-Pareja, D., & Sánchez-Rico, A. (2021). E-assessment in E-Learning Degrees: Comparison vs. Face-to-Face Assessment through Perceived Stress and Academic Performance in A Longitudinal study. Applied Sciences, 11(16), 7664. https://doi.org/10.3390/app11167664. DOI: https://doi.org/10.3390/app11167664

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78

St‐Onge, C., Ouellet, K., Lakhal, S., Dubé, T., & Marceau, M. (2022). COVID‐19 as The Tipping Point for Integrating E‐Assessment in Higher Education Practices. British Journal of Educational Technology, 53(2), 349–366. https://doi.org/10.1111/bjet.13169. DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.13169

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Syaifulloh, M. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII di MTs Negeri 7 Malang. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTs) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Washburn, S., Herman, J., & Stewart, R. (2017). Evaluation of Performance and Perceptions of Electronic vs. Paper Multiple-Choice Exams. Advances in Physiology Education, 41(4), 548–555. https://doi.org/10.1152/advan.00138.2016. DOI: https://doi.org/10.1152/advan.00138.2016

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Kencana.

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539. DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539

Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in The Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Nurhidayah, I., & Ardi. (2022). Instrumen E-Assessment Berbasis Quizizz tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44006

Issue

Section

Articles