Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45547Kata Kunci:
Meta Analisis, Jigsaw, Pembelajaran TematikAbstrak
Kurangnya penelitian dan kajian hasil penelitian yang sudah ada bisa dirangkum dan diuji kembali keefektifan hasil penelitian dengan menggunakan metode meta-analisis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dari penelitian eksperimen yang dipublikasikan berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian meta analisis. Populasi dan sampel penelitian ini diambil dari jurnal eksperimen yang berjumlah 10 artikel dengan topik pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan mencari beberapa artikel atau jurnal yang dipublikasikan secara online di google scholar/cendekia. Teknik analisis data adalah teknik analisis effect size dengan rumus yang digunakan adalah formula pengaruh dengan rumus eta kuadrat (ή2). Selanjutnya, untuk teknik analisis hasil pembelajaran dilakukan beberapa uji yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan linieritas, kemudian yang kedua uji Ancova, yang ketiga uji hipotesis, dan yang terakhir uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,043<0,05) dan untuk t hitung > t tabel yaitu 4,761>2,306, maka dari nilai tersebut dapat membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, untuk hasil analisis effect size pada kolom correct model yang diketahui partical eta squared sebesar 0,219 dengan nilai sig 0,043. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpullkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa sekolah dasar.
Referensi
Andira, A., Hasmawati, & R, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 128–133. https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14699. DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14699
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Aufa, A., Hambali, D., & Resnani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 284–290. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.2.284-290.
Awaludin, Wibawa, & Winarsih. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted by Hypermedia-Based E-Book. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106
Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2020). The Conceptual and Hypothetical Model of Interactive Blended Problem Based Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 285. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162
Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.2.1
Gandasari, A., Purwatih, Y. E., Ege, B., & Subekti, M. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.640. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.640
Isticomah. (2021). Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkan Hasil Pengamatan. Jurnal Educatio, 7(4), 1551–1557. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1541.
Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Penjas pada Mata Kuliah Filsafat Penjas dan Olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69
Nurhayati, S., & Muharamsah, L. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri 1 Carita. JOINS (Journal of Information System), 5(2), 200–207. https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491. DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491
Nurlia, Hala, Muchtar, Jumadi, & Taiyeb. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552
Putra, I. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Unsur Intrinsik Cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692–701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064.
Rani, Ardana, & Negara. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676
Robina Simanjuntak. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 003 Rambah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8175. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8175
Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 101–110. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444
Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sunarta, I. W. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Audio Visual. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 133–141. https://doi.org/10.5281/zenodo.6570302.
Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25847
Suryana. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Indonesia. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971. DOI: https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Susilo, R. H., Marli, S., & Salimi, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. , 9(11). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43444.
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BASICEDU, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yeyet. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Jurnal Educatio, 7(2), 367–374. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Azin Trihartoto, E. Indarini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.