Dampak Penerapan Metode Home Visit terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eni Marta STKIP Rokania, Pasir Pengaraian, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45795

Keywords:

Metode Home Visit, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa mengenai suatu materi yang diajarkan oleh guru melalui pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode home visit terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 45 orang siswa kelas IV sekolah dasar dengan dua rombel A dan B. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik dan program SPSS versi 16.00. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hipotesis penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ttabel = 1,67858 pada taraf signifikan 0,05, hasil analisis menunjukkan thitung diperoleh sebesar 2,92578. Hubungan metode home visit terhadap hasil belajar tematik pada kriteria pengujian koefisien korelasi (R) adalah jika nilai sig < α, maka koefisien korelasi tersebut signifikan. Karena nilai sig = 0,005 < nilai α = 0,05, maka koefisien korelasi untuk persoalan di atas dinyatakan signifikan dengan besar pengaruh 16,6%. Artinya, ada pengaruh metode home visit terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Implikasi penelitian ini diharapkan guru menerapkan metode home visit selama pembelajaran daring.

References

Adhi Prabowo, R. P., Soegeng Ysh, A., & Purnamasari, I. (2021). Home Visit sebagai Metode Pembelajaran Jarak Jaug pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinektik, 4(2). https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5644.

Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.157.

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL Classes Must Go Online! Teaching Activities and Challenges During COVID-19 Pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76. DOI: https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550

Choi, K., Gitelman, Y., Leri, D., Deleener, M. E., Hahn, L., O’Malley, C., Lang, E., Patel, N., Jones, T., Emperado, K., Erickson, C., Rosin, R., Asch, D., Hanson, C. W., & Adusumalli, S. (2021). Insourcing and Scaling A Telemedicine Solution in Under 2 Weeks: Lessons for The Digital Transformation of Health Care. Healthcare, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.hjdsi.2021.100568. DOI: https://doi.org/10.1016/j.hjdsi.2021.100568

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Ppda Anak di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441.

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.865. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.865

Garbe, A., Ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3), 45–65. https://doi.org/10.29333/ajqr/8471. DOI: https://doi.org/10.29333/ajqr/8471

Hayati, M. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk TK/RA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 457–472. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938

Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the Quality of Children’s Bilingual Story Books. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364. DOI: https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387

Markum, M., Maharbid, D. A., & Ramadhan, S. A. (2022). Asistensi Pembelajaran Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Home Visit. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 238–248. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1934.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Mustofa, M. A., Aziz, R., & Yasin, A. F. (2021). Home Visit sebagai Strategi Pembelajaran Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Iltizam, 6(1), 63 – 77. https://doi.org/10.33477/alt.v6i1.2063. DOI: https://doi.org/10.33477/alt.v6i1.2063

Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065 – 1072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Novariana, M. (2021). Interaksi Edukatif Guru Kunjung sebagai Strategi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 702 – 715. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562072.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388. DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Rahayuningsih, S. (2020). Animation Media of Animal Husbandry Thematic Science Learning to Stimulate Scientific Attitude in Early Childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Downloads

Published

2022-05-16

How to Cite

Marta, E. (2022). Dampak Penerapan Metode Home Visit terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 54–66. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45795

Issue

Section

Articles