Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.48338Kata Kunci:
Gamification, Geografi, Kemampuan Berpikir KritisAbstrak
Pembelajaran geografi masih berindikasi terhadap pola yang berfokus pada guru. Hal tersebut membuktikan kecenderungan yang mengakibatkan potensi pencapaian berpikir kritis kurang optimal pada diri siswa. Penelitian pada artikel ini memiliki tujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran inquiry menggunakan quizizz multimedia berbasis gamification terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian artikel ini adalah siswa yang diambil dari dua kelas menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 67 orang siswa yang diambil secara acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Untuk mendapatkan hasil penelitian, data dianalisis menggunakan statistik nonparametrik Mann-Whitney berbantuan SPSS 25 for windows karena asumsi normalitas tidak dapat dipenuhi untuk menguji efektivitas model Inquiry Learning (IL) menggunakan quizizz multimedia berbasis gamification. Hasil temuan penelitian diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar (80,50) daripada rata-rata kelas kontrol (74,63). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikansi dari keefektifan model pembelajaran inquiry menggunakan quizizz multimedia berbasis gamification terhadap pengaruh kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi.
Referensi
Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 1(4), 597–602. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2449
Amelia, K., & Astuti, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. ,. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 151–157. https://doi.org/10.5281/zenodo.3742727.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. DOI: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9. DOI: https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Binkley, M. et al. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. In: Griffin, P., McGaw, B., Care, E. (eds) Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2
Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.
Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas VI. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Göksün, D.O., & G. G. (2019). Comparing Success and Engagement in Gamified Learning Experiences via Kahoot and Quizizz, 135, 15–29. https://doi.org/0360-1315. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.015
Harni, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481
Iriyanti, A., Nusabelani, S. A., Erlina, D., & Agustina, L. (2020). Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry). Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10879. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10879
Juliansyah, F., Utomo, S., Rachmanto, A. D., & Budiarto, S. (2021). Aplikasi Quiz dengan Konsep Gamification Berbasis Web Menggunakan Ruby On Rails & React.Js. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2). Retrieved from https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jurnalfiki/article/view/425. DOI: https://doi.org/10.56244/fiki.v11i2.425
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.
Parjanen, S., & M. H. (2019). Innotin Game Supporting Collective Creativity in Innovation Activities, 96, 26–34. https://doi.org/0148-2963. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.056
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Putra, E., Ahmad, Y., & Epon, N. (2016). Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi, 4, 1–9.
Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078. DOI: https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Rastal, J., F, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804
Rohayani, F. (2018). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 43–52. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-04
Rosita, L., & Nuranisa, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Geografi. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2590. DOI: https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2590
Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 325. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360
Sukartini, N. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Evaluasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566603.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Sumayana, Y., Akbar, A., & Marlina, D. (2021). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia. Jurnal Educatio, 7(4), 2076–2081. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1504.
Supra, G. S. R., Munna, N., Oktaviani, E. P., Ardiansyah, A. S., & Asikin, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamification dan Literasi Matematis pada Model Flipped Classroom untuk Siswa SMP. In SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA (SANTIKA) “Computational Thinking dan Literasi Matematika dalam Tantangan Asesmen Nasional.” Retrieved from https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/298.
Syamsuddin. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.Jurnal Inspirasi Pendidikan, Volume 5(1), 104–115. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3216.
Wahyuni, V. A., Surahman, E., & Musthofa, R. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Retensi Peserta Didik pada Konsep Sistem Indera Manusia Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Bioedusiana, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.34289/292825. DOI: https://doi.org/10.34289/292825
Widayanti, & Purrohman, P. S. (2021). Pengaruh Media Aplikasi Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V. Jurnal Educatio, 7(3), 810–817. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1253.
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 362–368.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.