Efektivitas Media Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Zoom Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Penulis

  • Agnes Monika Deviananda Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49925

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Google Meet, Zoom, Berpikir Kritis

Abstrak

Pembelajaran daring dilakukan di Indonesia saat terjadi pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia dapat menggunakan media Google Meet dan Zoom. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran daring menggunakan Google Meet dan Zoom ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar.  Metode penelitian yang diginakan adalah Eksperimen. Kelompok eksperimen 1 pembelajaran menggunakan Google Meet dan Eksperimen 2 menggunakan Zoom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 29 kelas eksperimen 1 dan 28 siswa kelompok eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalalah analisis deskripsi kuantitatif sebagai uji prasyarat dan uji T. Hasil pengujian hipotesis dengan uji T nilai sig (2-tailed) diperoleh 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV menggunakan Google Meet dan Zoom. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatknya kemampuan berpikir kritis sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan Google Meet dan Zoom. Kondisi awal kelas eksperimen 1 rata- rata 52,24 meningkat menjadi 87,59 dan kelas eksperimen 2 kondisi awal nilai rata-n rata 52,14 meningkat menjadi 81,79. Hal ini menunjukkan bahwa media Google Meet lebih efektif dibandigkan Zoom ditinjau dari kemampuan berpikir krtitis siswa.

Referensi

Angelina, L. (2020). Strategi Pengelolaan Zoom Meeting dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 27–32. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219. DOI: https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.219

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dahlan, T., Alamsyah, T. P., & Wrdani, I. S. (2020). Covid-19 Pandemic : Online Learning Platforms For Elementary Schools. JPSD, 7(1), 33–44. https://doi.org/10.30870/jpsd.v7i1.10409.

Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 332–336. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837

Fansury, A. H., Januarty, R., Rahman, A. W., & Syawal. (2020). Digital Content for Millennial Generations: Teaching the English Foreign Language Learner on COVID-19 Pandemic. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(3). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.55.3.40. DOI: https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.55.3.40

Faturohman, N., & Solihatulmilah, E. (2021). The Effectiveness Of Distance Learning In The Covid-19 Pandemic Era At Elementary School Education Levels In Serang Regency. JPSD, 7(2), 252–263. https://doi.org/10.30870/jpsd.v7i2.12724.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Fuada, S., & Marhamah, M. (2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo - Wonogiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503. file:///C:/Users/win10/Downloads/8503-Article Text-27609-1-10-20200629 (1).pdf. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Jawadiyah, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemical Education, 10(2), 195–204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2543. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012

Marsiding, Z. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931. DOI: https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. (2017). Influence of explicit higher-order thinking skills instruction on students’ learning of linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004

Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961–2969. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1070. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1070

Nur’yanto, R. B., & Herawati, I. E. (2022). The Effect Of Learning Strategy And Critical Thinking On Exposition Writing Ability In 6th Grade Elementary School. JPSD, 8(1), 90–103. https://doi.org/10.30870/jpsd.v8i1.11603.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155—158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Putri, E. A. R., & Sholikhah, N. (2021). Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Platform Whatsapp Group dan Google Meet Pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4456–4469. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1326. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1326

Qolbi, S. K., Sabarudin, S., Kholilurrohman, K., & Perwitasari, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet. Jurnal Basicedu, 6(2), 1551–1562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2137

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32919.

Rahmi, Y. L., Miatidini, N. A., Alberida, H., Darussyamsyu, R., Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Titin, T., Koc, I., & Sison, M. (2021). HOTS Assessment of Biology Cell: Validity, Practicality and Reliability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 481–487. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.742. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.742

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Discovery Learning. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(1), 55–66. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2677. DOI: https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2677

Satria Mukti, T., & Istiyono, E. (2018). Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Kelas X. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 107–112. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.21624.

Sofiyana, M. S., Yuristiana, F., Afifah, E. N., Aini, F. N., Rahmayanti, N., & Ekawati, Y. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sutojayan. PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 79–83. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1985.

Sudiarta, Diputra, Nayun, & Sutanaya. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid -19 Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Suluh Pendidikan, 19(1), 29–44. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v19i1.243. DOI: https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v19i2.352

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361

Utomo, S. W., Joyoatmojo, S., Jutmini, S., & Suryani, N. (2019). Improving Higher Order Thinking Skills Through Problem Based Learning with a Scientific Approach. Dinamika Pendidikan, 14(1), 76–86. https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.18776. DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.18776

Valengia, H., Utin, S., & Susiaty, D. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Creative Problem Solving melalui Google Meet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Trigonometri. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(2), 142–151. https://www.embada.com/index.php/jeid/article/view/132.

Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara daring pada belajar dari rumah (BDR) jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1113

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Diterbitkan

2022-07-20

Cara Mengutip

Deviananda, A. M., & Mawardi. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Zoom Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 271–279. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49925

Terbitan

Bagian

Articles