Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Penulis

  • Annisa Amalia Rahmi Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363

Kata Kunci:

Peran, Guru, Minat membaca

Abstrak

Peran guru sangatlah penting dalam meningkatkan minat membaca siswa. Guru menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan siswanya dalam meningkatkanminat baca. Guru harus bisa menyesuaikan diri menjadi berbagai macam karakter yang mampu mendorong siswa untuk lebih semangat dalam proses meningkatkan minat baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam minat membaca dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat minat membaca pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.  Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat dari hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa masih rendahnya minat membaca siswa di kelas II.  Salah satunya sebabnya adalah kurangnya motivasi siswa untuk membaca. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru agar minat membaca siswa tersebut meningkat. Adapun peran guru dalam meningkatkan minat membaca siswa yaitu sebagai kreator, fasilitator, motivator, evaluator, dan dinamisator.

Referensi

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volu, 1(5), 989–992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337.

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Balyer, A., & Oz, O. (2018). Academicians’ Views on Digital Transformation in Education. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 5(4), 809–830.

Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika./http://dx.doi.org/. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1226

Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Manajemen Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Covid-19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 72–73. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v2i2.61

Minsih, M., & Galih, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.

Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018), 297(0), 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77. DOI: https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Putra, P. A., & Hasiana, I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 19–24. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rahmawati, S., & Dewi, N. K. (2020). Dampak Media Pembelajaran Kisah Keteladanan terhadap Karakter Peduli Sosial dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Memecahkan Masalah di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587

Safitri, V., & Dafit, F. (2021a). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021b). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(November).

Sudarto, Nugrahani, F., & Susanto, H. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Media Audio Visual Berbasis Powerpoint untuk Menumbuhkan Minat Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Page 1 Stilistika, 5(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 ota Bengkulu : Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2). Retrieved from https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/305.

Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens di PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457

Taib, B., Oktaviani, W., & Ilham, A. (2022). Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan pada Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah, 4(1). https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393. DOI: https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393

Tse, W. S., Choi, L. Y. A., & Tang, W. S. (2019). Effects of Video-Based Flipped Class Instruction on Subject Reading Motivation. British Journal of Educational Technology, 50(1), 385–398. https://doi.org/10.1111/bjet.12569. DOI: https://doi.org/10.1111/bjet.12569

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yunaili, H., & Riyanto. (2020). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dan Daya Ingat Anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282

Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 12–17. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231. DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231

Diterbitkan

2022-08-15

Cara Mengutip

Amalia Rahmi, A., & Febrina Dafit. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363

Terbitan

Bagian

Articles