Pengembangan Media Lift the Flap Book pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51391Kata Kunci:
Selected:Learning Media, Lift the Flap Book, Thematic Learning, Primaly SchooolAbstrak
Rendahnya penggunaan media membuat siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan dan memilih media yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan dan mengetahui validitas media lift the flap book pada pembelajaran tematik kelas 1 sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu 1) tahap analisis terdiri dari anlisis guru, analisis siswa, dan analisis materi pembelajaran; 2) tahap desain yaitu rancangan media pembelajaran lift the flap book dengan menggunakan aplikasi picsart, pinterest dan aplikasi microsof word 2010; 3) tahap pengembangan meliputi tahap validasi dan revisi produk. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru, 2 siswa, serta 2 ahli desain, 2 ahli materi, dan 2 ahli bahasa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media lift the flap book pada tema 5 subtema 1 untuk siswa kelas 1 sekolah dasar yang layak digunakan berdasarkan penilaian ahli desain dengan persentase 84,65% dengan kriteria valid, ahli bahasa 84,96% dengan kreteria valid dan ahli materi dengan persentase 95,20% dengan kriteria sangat valid. Persentase rata-rata hasil validasi sebesar 91,35% dengan kategori sangat valid tanpa revisi. Dan dilakukan uji coba skala kecil 88,33% dengan kategori sangat menarik. Media Lift the flap book pada pembelajaran tematik sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Anshory, I. (2020). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 Nomor1, 3546. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310.
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447
Karyada, I. P. F., Wardana, I. P. M. A., & Sanjaya, K. O. (2022). Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game Sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 11(1). https://doi.org/10.23887/karmapati.v11i1.45189.
Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan Video Tematik sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233
Kurniati, D., Khairil, K., & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains …, (2014), 1–7.
Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600
Melindawati, S., Apfani, S., & Suryani, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS di PGSD STKIP Adzkia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114255. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114255
Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927
Ningrum, I., Hafidah, R., & Dewi, N. (2021). Pengaruh Media Lift The Flap Book terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1). https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.47897.
Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Puspitasari, D. E., Septiyaningsih, D., & Wardani, W. L. L. K. (2019). Studi Analisis Kebutuhan Lift The Flap Book sebagai Media Pembelajaran untuk Mengurangi Perilaku Gadget Addiction pada Siswa Tingkat Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 259–267. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1048. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1048
Rahayu, M., Yuniarsih, T., Disman, Sojanah, J., Nusannas, I. S., & Mutmainnah, D. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada Man 1 Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216. DOI: https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216
Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6221.
Rastal, J., F, A., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sedana Putra, I. G. A., & Semara Putra, D. K. N. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434
Sofnidar, S., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761
Tafaroh, H. (2014). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Media Lift The Flap Siswa Kelas IV SDN Sumberadi 1. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v1i1.782.
Utami, D. R. A. T., Yuliati, N., & Aisiyah, L. N. (2020). Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Mengenalkan Perilaku Hidup Sehat pada Anak Kelompok B di TK Puri Ananda Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Journal Of Early Childhood Education And Research, 1(1). https://doi.org/10.19184/jecer.v1i1.16062.
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500
Yaniar, K. C., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44598.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.