Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Luh Cindy Rela Cindy Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022

Keywords:

Pop-Up Book, Literasi, Interaksi

Abstract

Kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran IPS membuat pembelajaran kurang maksimal. Keterbatasan yang ada juga menjadi salah satu penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menguji kelayakan dan mengetahui efektivitas media Pop-Up Book berbasis literasi. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan analisis statistika inferensial (uji-t). Hasil uji validitas menurut ahli isi mata pelajaran memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 92,50 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 94,67% dengan kualifikasi sangat baik, uji kelompok kecil memperoleh skor 91,16 dengan kualifikasi sangat baik dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung = 7,19 untuk db=42 dan derajat signifikansi 5%, angka batas peroleh hipotesis nol (H0) pada tabel sebesar 1,717 berarti berarti ada perberbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan Pop-Up Book. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book ini layak dan efektif diterapkan pada muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungannya siswa kelas V SD. Implikasi dalam penelitian ini yaitu media Pop-Up Book ini dapat memfasilitasi guru dan peserta didik sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan inovatif.

References

Af’idati, N., Suntari, Y., & Putra, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Muatan Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33

Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 935–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797

Amirudin, A., & Setuju, S. (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi, 6(2), 176–182. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i2.4169. DOI: https://doi.org/10.30738/jtv.v6i2.4169

Apriliani, E., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 233. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14934

Aribowo, W. P., & Sukarjo, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Adobe Flash Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Joyful Learning Journal, 11(1), 38–43. https://doi.org/10.15294/jlj.v11i1.54262. DOI: https://doi.org/10.15294/jlj.v11i1.54262

Ariyani, Y. D., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan Pop Up Book Berbasis Karakter Nasionalisme Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Siswa SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1069. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1069

Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638–6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336

Bila, M. E. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Audio Dan Android Materi Metamorfosis Hewan Untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 359–367. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.777 DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.777

Fajarwati, A., Nurianto, S. E., & Amelia, F. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Merangsang Minat Baca Siswa Kelas VI SD Di Masa Pandemi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 334. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p334-344. DOI: https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p334-344

Kristianingrum, W., & Radia, E. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Panca Indra (Popandra) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Panca Indra Kelas 1 Di SD Negeri 2 Selodoko. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 11(2), 121–132. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13983. DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13983

Lestari, D. A. A., Suntari, Y., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide pada Muatan IPS Materi Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme di Kelas IV Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 54–65. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65. DOI: https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65

Maysella, Y. G., Imam, S., & Cholifah, P. S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis Ppt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 682–687. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p682-687. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p682-687

Nawawi, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SD. Journal of Instructional Technology, 2(2), 22. https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3822. DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3822

Ningsih, A. Y. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Ips Kelas IV SD Negeri Tegal Sari. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 6–15. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.318. DOI: https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.318

Nuryani, L., & Abadi, I. G. S. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Pajrina, L. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi pada Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan dalam Muatan IPS di Kelas V SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2), 649–660. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.227. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.227

Pertiwi, N., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Pembelajaran Tematik Terpadu pada Tema 9 untuk Siswa Kelas IV SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 85–92. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8535

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Puspita, E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang bangun media e-book flipbook interaktif pada materi interaksi manusia dengan lingkungannya sekolah dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 65–84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307

Putri, A. L., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4504–4509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1053. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1053

Putri, N. A., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 179–193. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p179-193. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p179-193

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686

Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875

Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684–694. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665

Sary, A. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Salatiga 10 Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 354–360. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.383. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.383

Setiawan, D., Selvyana, K., Hidayat, A., & Rahmadani, N. K. A. (2022). Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Wahyudi, A. (2022). Pengembangan Media Komik Sebagai Bahan Ajar IPS Materi Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pada Siswa Kelas V SD IT Bina Insan Madani Baradatu. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 35–48. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i1.60. DOI: https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i1.60

Wahyuni, N. S. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Keberagaman Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI NW Bagik Payung. Al-Mujahidah, 3(2), 399–410. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v3i2.53. DOI: https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v3i2.53

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Cindy, N. L. C. R., I Wayan Sujana, & Ni Nyoman Ganing. (2023). Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Muatan IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 449–465. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.58022

Issue

Section

Articles