Motivasi Guru Honorer terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru

Penulis

  • Syifa Ul Qalbi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Yaya Sunarya Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.59380

Kata Kunci:

Guru Honorer, Motivasi, Pendidikan Profesi Guru

Abstrak

Guru merupakan salah satu indikator dalam keberhasilan pendidikan Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, Pendidikan Profesi Guru merupakan sebuah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Motivasi guru honorer terhadap program Pendidikan Profesi Guru merupakan topik yang penting agar dapat melihat keinginan kuat dari guru-guru untuk mengembangkan potensi menjadi guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi guru honorer terhadap pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian dua puluh tiga orang guru honorer. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru-guru honorer memiliki motivasi yang cenderung tinggi terhadap program Pendidikan Profesi Guru yang diselenggarakan oleh pemerintah. Hal tersebut dapat dilihat pada keinginan guru-guru honorer untuk mengikutinya sebanyak 64% dari 83% guru yang belum pernah mengikuti program Pendidikan Profesi Guru. Pemerolehan gambaran motivasi guru honorer terhadap program Pendidikan Profesi Guru dapat membawa harapan bahwa peningkatan kualitas kompetensi guru dapat terwujudkan, sehingga akan berdampak pada kualitas pendidikan yang baik dan merata.

Referensi

Amelia, N., & Emma Yunika Puspasari. (2023). Realitas dan Kontradiksi Regulasi Guru Honorer Tahun 2023 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(1), 12–21. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/37148.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenamedia Group.

Ardianti, N. P. E., Nitiasih, P. K., Budiarta, L. G. R., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2021). Enhancing students’ writing skill with problem-based learning video in pandemic situation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.

Astuti, M. O., Syamwil, S., & Susanti, D. (2019). Analisis Faktor Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ecogen, 1(4), 766. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5655.

Azkiyati, N. (2018). Hubungan Konflik Peran Ganda dan Manajemen Waktu dengan Stres Kerja Pada Wanita Menikah yang Berprofesi Sebagai Guru. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4521.

Diskominfosa Aceh. (2020). Data Guru Honorer atau Kontrak Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan. Diskominfosa Aceh.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Rineka Cipta.

Hafsah, H., & Fahmi, M. R. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru Honorer Untuk Meningkatkan Kualitas Kompetensi Profesionalitas. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 39. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2852.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26.

Hamid, Abdul. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26.

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048.

Indriyani, Sumaryono, dan D. I. (2015). Persepsi mahasiswa kependidikan fakultas ekonomi universitas negeri Yogyakarta terhadap pendidikan profesi guru (PPG). Pelita Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, X(1), 1–10. https://journal.uny.ac.id/index.php/pelita/article/view/4804.

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33.

Kastawi, N. S. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4312.

Muhaemin, M., & Mubarok, R. (2020). Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.80.

Nirmalawaty, C. M., Rivaldi, A., & Mujazi, M. (2021). Motivasi Menjadi Guru (Sebuah Refleksi). Prosiding Esa Unggul, 2–9.

Nugraha, A. R., Setianingsih, E., Putri, F. W., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2022). Problematika Guru Honorer dan Guru Nondik di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10019–10025. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4009%0A.

Nurdin, N. (2021). Guru Honorer dalam Upaya Memperoleh Status Kepegawaian Tenaga Pendidik Pegawai Negeri Sipil. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 10–19. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.46.

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791.

Sedana, I. M. (2019). Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 179. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.891.

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44.

Ulum, M. B., Sarwoko, E., & Yuniarinto, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 299 – 307. https://doi.org/10.17977/um027v3i42020p299.

Uno, B. A. dan N. L. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Memengaruhi. Bumi Aksara.

Viva Budy Kusnandar. (2023). Daftar UMK Aceh 2023, Mayoritas Sama dengan UMP. Databooks.

Widayati, F., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 251–257. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.29.

Yin, R. . (2021). Studi Kasus Desain & Metode. PT Raja Grafindo Persada.

Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10.

Yusuf, M. (2022). Pengaruh Kompensasi Bekerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Bangka Tengah. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 791–796. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/457%0Ahttps://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/457/396.

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23.

Zulhijjayati, J. J. (2022). Diskursus Profesi Guru yang Berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pasca Perubahan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Jo Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 9/PUU-XVIII/2020. Al-Qisth Law Review, 6(1), 84. https://doi.org/10.24853/al-qisth.6.1.84-129.

Diterbitkan

2023-08-13

Cara Mengutip

Qalbi, S. U., & Sunarya, Y. (2023). Motivasi Guru Honorer terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 422–433. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.59380

Terbitan

Bagian

Articles