Pemanfaatan Media Wordwall dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.61412Kata Kunci:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Interaktif, WordwallAbstrak
Perubahan paradigma pembelajaran yang terjadi menyebabkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya konsentrasi dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 37 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pelaksanaan pemanfaatan media Wordwall yang dilakukan guru dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif. Respons peserta didik tentang pemanfaatan media Wordwall pada kegiatan penutup pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia sudah berjalan dengan efektif, dan rata-rata nilai tingkat kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi teks iklan memanfaatkan media Wordwall dalam pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia dengan presentase 80,54% dan 84,05% memiliki kategori baik. Media Wordwall dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, media Wordwall juga dapat membantu pendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sehingga berjalan dengan efektif.
Referensi
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Bachry, H., Yuwono, J., & Utami, Y. T. (2018). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III Di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten ). JUrnal UNIK, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30870/unik.v3i1.5301.
Dhaifi, I., Setyosari, P., Widiati, U., & Ulfa, S. (2020). Optimizing Online Learning Resource to Improve Students’ Autonomous Learning and Vocabulary Mastery through Word Wall Activities. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 8247–8266. https://mail.palarch.nl/index.php/jae/article/download/2246/2213.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079.
Harmon, J. M., Wood, K. D., Hedrick, W. B., Vintinner, J., & Willeford, T. (2009). Interactive word walls: More than just reading the writing on the walls. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 52(5), 398–408. https://doi.org/10.1598/JAAL.52.5.4.
Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung (Teori dan Praktik). Mataram: Duta Pustaka Ilmu FMIPA IKIP Mataram.
Islam, M. K., Sarker, M. F. H., & Islam, M. S. (2022). Promoting student-centred blended learning in higher education: A model. E-Learning and Digital Media, 19(1), 36–54. https://doi.org/10.1177/20427530211027721.
Ismiyati, W. L., & Saputri, T. (2020). Using Wordwall to Improve English Vocabulary Mastery: Systematic Review. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 120–131. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6581.
Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346.
Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.
Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876.
Misra, F., & Mazelfi, I. (2021). Long-Distance Online Learning During Pandemic: The Role of Communication, Working in Group, and Self- Directed Learning in Developing Student’s Confidence. Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA 2020), 506, 225–234. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210202.042.
Mulawarman, W. G., Hudiyono, Y., & Mulawarman, U. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’ dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Development of POST Interactive Teaching Materials in Learning of Poetry, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.28.
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791.
Nursita, L., Yusril, M., Putri, H. E., Dahlang, D., & Taufik, R. (2022). Pemanfaatan IT pada Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Google Form. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.27016.
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651.
Pendy, A., Suryani, L., & Mbagho, H. M. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1661.
Pristiwanti1, D., Badariah, B., Sholeh, H., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan pada Hewan Kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2), 1965–1973. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.838.
Safitri, D., Awalia, S., Sekaringtyas, T., Nuraini, S., Lestari, I., Suntari, Y., Marini, A., Iskandar, R., & Sudrajat, A. (2022). Improvement of Student Learning Motivation through Word-Wall-based Digital Game Media. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(06), 188–205. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i06.25729.
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332.
Scull, J., Phillips, M., Sharma, U., & Garnier, K. (2020). Innovations in teacher education at the time of COVID19: an Australian perspective. Journal of Education for Teaching, 46(4), 497–506. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802701.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung:Alfabeta.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251.
Taufan, M. Y. (2022). Professional Development of Teachers, Competencies, Educational Facilities and Infrastructure on Teacher Performance and Learning Achievement of High School Students in Makassar City. Golden Ratio of Social Science and Education, 2(1), 24–38. https://doi.org/10.52970/grsse.v2i1.168.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Yuniar, A. I. S., Putra, G. A. P., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nufi’ah, U. (2021). HITARI ( Historical-archaeology Heritage Riddle ): Pemanfaatan wordwall sebagai media ajar Indonesia zaman prasejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 1182–1190. https://doi.org/10.17977/um063v1i112021p1182-1190.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. MANAZHIM, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suarmini Ni Kadek
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.