Model Pembelajaran Cooperative Type Talking Stick Berbantuan Media Pop Up Book Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63827Kata Kunci:
Cooperative Type Talking Stick, Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran, Pop-Up BookAbstrak
Keterampilan berbicara sangat penting ditingkatkan agar siswa mempunyai keterampilan berbicara yang baik. Pengkajian ini didasari karena rendahnya keterampilan berbicara siswa serta kurang maksimalnya praktik berbicara yang dilakukan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Talking Stick berbantuan media Pop-Up book terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Penelitian ini melakukan eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Memanfaatkan desain penelitian yang bernama nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 58 siswa dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas yang terdiri dari 29 siswa. Penelitian ini memanfaatkan teknik pengambilan sampel yang bernama teknik sampel jenuh. Alat yang digunakan untuk mengevaluasi keterampilan komunikasi lisan melalui tes awal, akhir, observasi, dokumentasi. Perhitungan data uji hipotesis dengan cara memanfaatkan aplikasi SPSS versi 20. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukan bahwa nilai sig untuk nilai thitung keterampilan berbicara ini adalah 19,771 dan untuk nilai ttabel sebesar 2,003 dengan tingkat signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Type Talking Stick dengan bantuan Model Pembelajaran pop-up book berpengaruh signifikat terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar.
Referensi
Afiyah, B. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Talking Stick Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–8. http://eprints.umsida.ac.id/2997/%0Ahttp://eprints.umsida.ac.id/2997/1/Bella.
Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770.
Alwi, N. A., Agasi, D., Kharisna, F., & Perdana, A. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Berbicara Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6055–6061. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1843.
Andre Suhardiana, I. P. (2019). Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 41–54. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.704.
Apriyanti, D., Hamsanah Fitriani, H. S., & Rini, C. P. (2020). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sdn Serpong 1 Kota Tangerang Selatan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 1. https://doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2394.
Damayanti, N. P. S., Jayanta, I. N. L., & Yudiana, K. (2021). Pop-Up Book Media on the Topic of Plants’ Anatomy and Physiology. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 505. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37191.
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411.
Hayani, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 221–230. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.965.
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182.
Juariyah, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Ungkapan melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 863–872. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1604.
Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805.
Lubis, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII MTs YPKS Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu, 1(3), 32–39. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/571.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243– 252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
Masturah, E. D., & Mahadewi, L. P. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop- Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294.
Megita Rani, N. M. A., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(3), 345. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676.
Molan, A. S., Ansel, M. F., & Mbabho, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Ketrampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 176–183. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.625.
Mongol, G. P. (2021). Metode demonstrasi, model pembelajaran langsung, berbicara. Jurnal Mimbar Ilmu, 08(2), 103–115. https://doi.org/10.37637/dw.v8i2.816.
Muchtar, F. Y., Arifani, T., Andira, A., Fitriyani, & Ihwani, N. F. (2023). Peningkatan Kemampuan Bercerita melalui Boneka Tangan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 32 Tumampua VI Pangkep. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4944– 4951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11779.
Murniati, M., & Anitra, R. (2019). Media Pop Up Book Sebagai Alat Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855.
Murtiningsih. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang, 99–106. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/12.pdf.
Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1103.
Nurjaman, D. (2019). paya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Cooperative Learning Type Talking Stick Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 23–33. https://core.ac.uk/download/pdf/228885012.pdf.
Nurrohmah, I. I., Kasiyun, S., Nafi’ah, N., & Taufiq, M. (2020). Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD. Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 74. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i1.18126.
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626.
Patonah, N. N., & Sri Sumartini, S. V. S. (2019). Penerapan Model Role Playing dalam Kemampuan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 1471–1477. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/42/43.
Perwita, L. W., & Indrawati, T. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 41–56. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.750.
Phalguna, I. W. W., & Saputra, D. K. N. S. (2020). Talking Stick Learning Model Assisted with Audiovisual Media Toward Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 563–572. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/25515/17263.
Purwati, P. (2021). Implementasi Media Video Animasi Interaktif Secara Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Tulung 03 Pada Tema 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 124–134. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.76.
Putra Antara, I. N., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, 3(4), 423. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315.
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905.
Rahmatilah, S., Hidayat, S., & Apriliya, S. (2017). Media Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 139–148. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7302.
Rizkiyah, F. L. (2019). Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru, 7(1), 2581–2590. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/27292.
Salmia, & Yusri, A. M. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955.
Santika, A., & Nasution. (2021). Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Dan PembelajaranTerpadu (JPPT), 3(2), 83–97. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17762 .
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135.
Sibuea, M. S. W. B., & Syahfitri, D. (2018). Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menanggapi Cerita Pendek. Pengembangan Sains Dan Humaniora, 2(1), 30. https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14007.
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728.
Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model pembelajaran talking stick berbantuan media buku cergam terhadap keterampilan berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 309–318. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact.
Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan PhET Sebagai Media Interaktif Pembelajaran IPA Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Primary Education Journal, 2(2), 138–147. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/476.
Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME : Journal of Management, 3(3), 84–94. https://doi.org/10.2568/YUM.V3I3.828.
Trianti Lestari, N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ips. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857.
Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Snipmd, 3, 223–227. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5828.
Yunika, P., Imansyah, F., & Riyanti, H. (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kiki Maulina
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.