Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.64252Kata Kunci:
e-modul, pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran IPSAbstrak
Upaya sekolah penggerak dalam mewujudkan kondisi pembelajaran yang ideal belum didukung oleh ketersediaan sumber belajar yang sesuai dalam memfasilitasi kebutuhan dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar e-modul book creator pada mata pelajaran IPS agar terjadi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket yang berbentuk semantic differential. Hasil penelitian menunjukkan validitas e-modul diuji oleh ahli yang memiliki kompeten di bidangnya untuk memvalidasi aspek media (95,65% dan 100%), aspek materi (94,40 dan 95,20%), dan aspek bahasa (96% dan 100%) dengan kategori penilaian sangat valid untuk semua aspek. Pengguna e-modul pada sekolah penggerak merespons sangat baik, baik dari desain maupun penyajiannya, terlihat dari hasil uji coba yang menunjukkan rata-rata skor kemenarikan 79,57% pada aspek desain, struktur dan substansi, sedangkan untuk aspek perilaku dan ketercapaian tujuan mendapatkan skor rata-rata 83,17% dengan kategori sangat menarik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul book creator dinyatakan valid dan praktis diterapkan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu e-modul book creator dapat meningkatkan beberapa kompetensi siswa secara sekaligus.
Referensi
Agasi, D., & Desyandri. (2022). Integrated Thematic Teaching Materials with PjBL Based on Book Creator Application in Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 575–583. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.52970.
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.
Arditama, E., & Lestari, P. (2020). Obstacles and Challenges of Indonesia’S Micro, Small and Medium Enterprises (Umkm) in Facing the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28610.
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018a). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018b). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.
Chen, X., Zhai, X., Zhu, Y., & Li, Y. (2022). Exploring debaters and audiences’ depth of critical thinking and its relationship with their participation in debate activities. Thinking Skills and Creativity, 44, 101035. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101035.
Dari, R. T. U., & Sudatha, I. G. W. (2022). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui E-Modul Berorientasi Discovery Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43966.
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018a). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018b). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Desianti, L. C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigm Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 128–140. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4936.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166.
Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372.
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817 – 5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116.
Hastari, G. A. W., Gede Agung, A. A., Sudarma, I. K., & Teknologi Pendidikan, P. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutech, 7(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008.
Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527.
Iis, N., Arita, M., Maratun, N., & Nugraheni, R. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Irwanti, H., & Zetriuslita, Z. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Research in Mathematics Learning, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12568.
Ismi, L. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.
Krisnawati, E., Copriadi, J., & Erna, M. (2023). Enhancing Science Literacy through Development of Acid-Base E-module using Book Creator. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(1), 60–67. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i1.5874.
Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment. 13(9), 21–39.
Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2018). Developing Mathematics Learning Strategy Module Based on Journal Review. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i2.3110.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021a). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021b). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.
Madona, A. S., & Nora, Y. (2020). Pengembangan Modul Ips Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 4(2), 221–228. https://doi.org/10.37301/jcp.v4i2.9934.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150.
Odebiyi, O. M., & Odebiyi, A. T. (2021). Critical thinking in social contexts: A trajectory analysis of states’ K-5 social studies content standards. Journal of Social Studies Research, 45(4), 277–288. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2021.05.002.
Puspitasari, V., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4), 310–310.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi, 6(6), 6924 – 6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415.
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797.
Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.
Triantoro, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 13–22. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1962.
Wero, L., Laksana, D. N., & Lawe, Y. U. (2021). Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 515. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867.
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3729. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265.
Wulandari, W. (2023). Mind Map : Learning Model to Improve Creative Thinking Ability. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 57–64. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12479.
Zahro, N. M., & Lutfi, A. (2021). Students’ Well-Being and Game Implementation in Learning Chemistry in Merdeka Belajar Era. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30127.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putu Adi Sanjaya, I Made Pageh, I Nengah Suastika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.