E-Book Berbasis Problem Based Learning Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada IPAS

Penulis

  • I Putu Trisna Angga Semara Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar, Indonesia
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73935

Kata Kunci:

E-book, PBL, Berpikir kritis, IPAS

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah yang diakibatkan kurang adanya inovasi pada strategi pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan inovasi bahan ajar seperti e-book dengan tetap mengedepankan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk inovatif e-book berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (R&D) dan menerapkan ADDIE sebagai model pengembangan. Data diperoleh dengan metode non-tes kuesioner dan tes pilihan ganda yang telah diuji kelayakannya. Data dianalisis dengan formula Gregory dan uji-t berkorelasi sehingga penelitian ini menggunakan model one grup pretest-posttet. Hasil analisis data diperoleh ahli materi diperoleh skor 93,74 dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran diperoleh skor 92.70 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil kepraktisan oleh guru diperoleh skor 90,25 dengan kualifikasi sangat baik. Kepraktisan oleh guru diperoleh sko 95,41 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektifitas menunjukkan hasil bahwa produk sangat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Disimpulkan bahwa E-Book Berbasis Problem Based Learning memperoleh predikat layak, praktis, dan efektif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS  kelas V SD. Penelitian ini berimplikasi pada kemajuan pendidikan karena berkontribusi menciptakan bahan ajar inovatif yang berdampak langsung pada siswa selama pembelajaran tidak hanya berpikir kritis saja.

Referensi

Agustina. (2023). Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 359–364. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.540.

Aini. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Ipas Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1186–1197. https://doi.org/http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2691.

Ajizah, E., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1855.

Andini, A. R., & Qomariyah, N. (2022). Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 330–340. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p330-340.

Andriani, N. M., Tegeh, I. M., & Suarjana, I. M. (2022). Pembelajaran Berbasis Phenomenon Based Learning untuk Mengatasi Fenomena Learning Loss Siswa Sekolah Dasar. 6, 488–502. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57502.

Angga. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871.

Astri. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 175.

Astutik, L. S., Dwinata, A., Oktaviarini, N., & Jadmiko, R. S. (2023). Sosialisasi Pentingnya Penelitian Research And Development (R&D) Untuk Meningkatkan Karir Guru Di SD Kecamatan Ngunut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2596–2601. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.566.

Ayunda. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232.

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506.

Dara. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Geni Rika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 88–100.

Dianti. (2017). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Digital. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.

Gumanti. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(4), 189. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i4.47.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924.

Hikmah, F., & Radiansyah. (2023). Implementasi Model PBL Dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 288–296.

Himawan, R., Suyata, P., & Kusmiatun, A. (2024). Developing Project-Based Learning-Based eBook “Critical and Creative Reading” to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Kependidikan, 10(1), 392–404. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v10i1.10316.

Indriani. (2022). Dampak Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 214–222. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48139.

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296.

Jannah. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103.

Kafiar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 336–343. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.67011.

Kristiana, C., Haning, H., & Benny, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Book Berbasis Smartphone Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 71–77. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.195.

Magdalena. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vi Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Cipete 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 153–162. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.

Manalu. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.

Mareti. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047.

Noviani. (2021). Pengaruh Pembelajaran Scientifik Berbasis Masalah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 43–52.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323.

Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.

Nuzulia. (2024). Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(3), 5–24.

Paramita, D. L., Baity, N., Andari, T., Kreativitas, P., Project, M., & Learning, B. (2023). Peningkatan Kreativitas Melalui Project Based Learning ( PjBL ) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Reforma, 13(1).

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98.

Pratiwi, D. P. A., Kristiani, & Noviani, L. (2022). The Effectiveness of Using E-Book to Improve Student’s Critical Thinking Skill. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(10), 196–201.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.

Putri, S. (2023). Copyright @ Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 3, 715–724.

Rahayu. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahim, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kritis. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 80–87.

Rahman. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmawati. (2018). Improving Students` Critical Thinking Through E-Book on Project-Based Learning in Vocational High School. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 118–127. https://doi.org/10.24331/ijere.455000.

Rahmi. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59.

Ramadan. (2022). Manajemen Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(4), 70–82.

Ramdani. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388.

Rauf. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 13(Nomor 2), 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354.

Rofiq. (2019a). Keefektifan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 20–25. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.14.

Rofiq, M. A. (2019b). Keefektifan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 20–25. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.14

Rosmawati. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Book Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidi, 7(3), 979–1002. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1172

Sahnan. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(1), 29–43. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i1.783.

Sakundari. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 8(1), 601–614. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Salsabilah. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857.

Setiawan. (2022). Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec di Sekolah Dasar : Systematic Literature Review. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 133. https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11421.

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129

Siwi. (2021). Pengembangan Buku Cegahan IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220–2230. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1157.

Teapon, A. ., Saprudin, Rahman, M. ., & Rizal, R. (2013). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp. NBER Working Papers, 89.

Trimawati. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606.

Ulfa, A., & Nurmayani. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Tema 7 Di Kelas V Sd Negeri 106804 Percut. Journal of Engineering Research, 2(4), 10842–10852.

Verdinandus. (2019). Pendidikan Di Era Digital. In Jurnal Seminar Nasional Pendidikan (Issue March). CV. Edupedia Publisher. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093.

Widyanti. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362.

Yuniastuti. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Vol. 000, Issue 1).

Diterbitkan

2024-05-17

Cara Mengutip

I Putu Trisna Angga Semara, I Made Ardana, & Ni Ketut Suarni. (2024). E-Book Berbasis Problem Based Learning Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 185–197. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73935

Terbitan

Bagian

Articles