Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Wahyu Astuti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471

Keywords:

Model TGT, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Tegalrejo 01 yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang berarti. Keaktifan siswa pra siklus 28,20%, siklus I 58,97% dan siklus II menjadi 71,79%. Hasil belajar ranah kognitif pra siklus 61,54%, pada siklus I menjadi 82,05% dan pada siklus II menjadi 92,31%.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Tegalrejo 01.

References

Agustini, Md. , Kt.Dibia, Kd. Suartama. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.

Ar Suherman Erman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fathurrohman Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Yogyakarta: ArRuzzmedia.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Maharani, Okti Desta Tri & Kristin, Firosalia. 2017. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, Vol 1(1) : 4-5.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

. 2015. Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Saptayanti, Gusti Ayu Kade Emi, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Sudarti. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas V SD Negeri Gemaharjo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol 4(2) : 182.

Sudha, I Kt., Kt. Gading, Ndara Tanggu Renda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Tiya, Kadir. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 : 181.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Widayanti, Eka Rizki, Slameto. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria. Vol 7(3) : 184-185.

Downloads

Published

2017-10-20

How to Cite

Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155–162. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471