Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471Kata Kunci:
Model TGT, Keaktifan, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Tegalrejo 01 yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang berarti. Keaktifan siswa pra siklus 28,20%, siklus I 58,97% dan siklus II menjadi 71,79%. Hasil belajar ranah kognitif pra siklus 61,54%, pada siklus I menjadi 82,05% dan pada siklus II menjadi 92,31%.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N Tegalrejo 01.
Referensi
Agustini, Md. , Kt.Dibia, Kd. Suartama. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.
Ar Suherman Erman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Fathurrohman Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif.
Yogyakarta: ArRuzzmedia.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Maharani, Okti Desta Tri & Kristin, Firosalia. 2017. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, Vol 1(1) : 4-5.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
. 2015. Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Saptayanti, Gusti Ayu Kade Emi, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Sudarti. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas V SD Negeri Gemaharjo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol 4(2) : 182.
Sudha, I Kt., Kt. Gading, Ndara Tanggu Renda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Tiya, Kadir. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 : 181.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Widayanti, Eka Rizki, Slameto. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria. Vol 7(3) : 184-185.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)