EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KERANJANG BIJI-BIJIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN SAPTORENGGO 02

Authors

  • Amanda Purwandari PGSD Universitas Kanjuruhan Malang
  • Dyah Tri Wahyuningtyas PGSD Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717

Keywords:

TGT, basket Grain, Learning Outcomes, Multiplication and Division

Abstract

Learning math using rote memorization, making it difficult students understand the basic concepts of multiplication and division. Students also thought that mathematics is a difficult subject and tedious, because teachers rarely use the model of learning and use of media only using the environment around students. This study aims to determine whether there is any difference in learning outcomes of students who use and do not use media-assisted learning model TGT grain basket. This study uses a quantitative approach with experimental methods and research design quasi experiment. This research sample that is grade II totaling 50 students and consists of two classes. The results of this study were tested using paired samples t test and obtained t of 5.057 while t table (sig. 0.05 and df = 23) of 2.069 which indicates thitung greater than ttable namely: 5.057> 2.069 which means that H0 rejected and Ha accepted. So it can be concluded that there is a significant difference between the results of student learning to use and not use the media-assisted learning model TGT grain basket.

 

References

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (edisi 2). Jakarta: Kencana

Cahya, Antonius. Prihandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Congklak. Wikipedia. (online), (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Congklak), diakses 03 Desember 2015

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Kusdinar, Irwan. & Zikri. 2009. Pintar Bermatematika 2. Jakarta: Depdiknas

Media Surya, H.M. dkk. 2007. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas

Priliyani, Eka. Mujihardi. 2014. Penerapan Model TGT (Times Games Tournament) Menggunakan Media Monopoli Bilangan Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Kalirejo II Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan

Rusman. 2012a. Belajar dam Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2012b. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Saptayanti, Gusti Ayu Kade Emi, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika . e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sarwono, Jonathan. 2009. Statistika itu Mudah: Paduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slavin E. Robert.2007. Cooperative Learning: Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Solihah, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Agustus 2016 ISSN: 2527-967X

Soekarman, F.I. dkk. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi (edisi 3). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sudha, I Kt., Kt. Gading, Ndara Tanggu Renda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.

Sudimahayasa, Nyoman. 2015. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Supriyanto. 2014. Statistika Sosial: Untuk Penelitian Ilmu pendidikan dan Ilmu Sosial dilengkapi dengan Contoh Kasus dan Aplikasi SPSS. Malang: Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang

Tanzeh, Ahmad. & Suyitno. 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf

Triyono. 2013. Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Widiawati, Dewi. Sri. 2013. Penggunaan Media Permainan Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian dengan Tema Kerja Sama. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, (online), (http://repository.upi.edu/2021/penelitian tentang permainan dakon/congklak), diakses 25 november 2015 pukul 09.03

Wulandari, Novita. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatid Tipe Times Games Tournament (TGT) Melalui Media Permainan Ular Tangga yang Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sumbersuko 02 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan.

Downloads

Published

2017-10-20

How to Cite

Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KERANJANG BIJI-BIJIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN SAPTORENGGO 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163–170. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717