PEMAKSIMALAN MEDIA PENGAJARAN BERBASIS IT MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI SD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP BINA INSAN MANDIRI

Zuni Eka Tiyas Rifayanti

Abstract


Salah satu solusi dalam menyiasati agar proses belajar mengajar tidak monoton adalah dengan penggunaan media dalam pembelajaran. Media yang digunakan dapat menarik mahasiswa untuk semangat belajar. Media banyak macamnya, salah satunya adalah media berbasis IT, yang merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam menunjang proses pendidikan. Media ini dapat meningkatkan semangat dan perhatian mahasiswa untuk belajar, sehingga gangguan dalam kelas dapat diminimalisir, demikian juga bagi mahasiswa yang mengantuk, akan membuat mereka tergerak untuk memperhatikan pelajaran yang akhirnya bertujuan untuk menghasilkan hasil belajar mahasiswa yang meningkat.Hasil survey studi dokumentasi selama satu semester menunjukkan bahwa mahasiswa semester 3 PGSD STKIP Bina Insan Mandiri masih belum inovatif dalam mengikuti pembelajaran matakuliah media pembelajaran di SD. Dengan begitu berakibat pada hasil beajar mahasiswa yang kurang maksimal dengan nilai akhir rata-rata 70.Sedangkan dosen mengharapkan nilai akhir mahasiswa dapat mencapai lebih dari angka kriteria kelulusan minimal.Media Pembelajaran berbasis IT memberikan salah satu alternatif solusi untuk mengembangkan ide kreatif mahasiswa dalam menciptakan media-media pembelajaran yang digunakan di tingkat Sekolah Dasar. Sehingga diharapkan dalam mencapai .Sebagai alternatif untuk meningkatkan kegiatan belajar mahasiswa dalam proses kegiatan mengajar, penggunaan media pembelajaran berbasis IT mampu menggali ide ide kreatif mahasiswa dalam membuat media pembelajaran di SD dengan berbasis digital, yang mana sekarang banyak fasilitas di kelas SD sudah menggunakan LCD, Komputer, serta perangkat media IT dalam menunjang pembelajaran. Dengan begitu sesuai dengan perkembangan zaman SDM dituntut untuk lebih inovatif dalam menggunakan media pembelajaran.


Keywords


Media ICT: Media Pembelajaran Di SD; Hasil Belajar

References


Akbar, Sakdun. 2009 . Penelitian Tindakan Kelas Filosofi Metodologi dan Implementasi. Malang. Cipta Media Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimin. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar.2009. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, 2002), Cet. Ke- 2, h. 895.

Djamarah,Syaiful,Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah,Syaiful,Bahri dan zain Aswan. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Harliawan, Hendri , Lulup Endah Tripalupi, Luh Indrayani. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Vol: 4 No : 1.

Heny, Pujiati. 2008. Cerdas Pengetahuan Sosial. Jakarta . Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Mahedy, Kadek Surya. 2010. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Ipa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Seminar Internasional, ISSN 1907-2066 Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10.

Putra, Gd Tuning Somara, Made Windu Antara Kesiman, I Gede Mahendra Darmawiguna. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. ISSN 2089-8673 Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Volume 1, Nomor 2Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta: Rhineka Cipta

Suryani, Nunuk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding WORKSHOP Nasional

Usman, M. Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i3.12006

Article Metrics

Abstract view : 715 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.