PEMAKSIMALAN MEDIA PENGAJARAN BERBASIS IT MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI SD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP BINA INSAN MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.12006Kata Kunci:
Media ICT, Media Pembelajaran Di SD, Hasil BelajarAbstrak
Salah satu solusi dalam menyiasati agar proses belajar mengajar tidak monoton adalah dengan penggunaan media dalam pembelajaran. Media yang digunakan dapat menarik mahasiswa untuk semangat belajar. Media banyak macamnya, salah satunya adalah media berbasis IT, yang merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam menunjang proses pendidikan. Media ini dapat meningkatkan semangat dan perhatian mahasiswa untuk belajar, sehingga gangguan dalam kelas dapat diminimalisir, demikian juga bagi mahasiswa yang mengantuk, akan membuat mereka tergerak untuk memperhatikan pelajaran yang akhirnya bertujuan untuk menghasilkan hasil belajar mahasiswa yang meningkat.Hasil survey studi dokumentasi selama satu semester menunjukkan bahwa mahasiswa semester 3 PGSD STKIP Bina Insan Mandiri masih belum inovatif dalam mengikuti pembelajaran matakuliah media pembelajaran di SD. Dengan begitu berakibat pada hasil beajar mahasiswa yang kurang maksimal dengan nilai akhir rata-rata 70.Sedangkan dosen mengharapkan nilai akhir mahasiswa dapat mencapai lebih dari angka kriteria kelulusan minimal.Media Pembelajaran berbasis IT memberikan salah satu alternatif solusi untuk mengembangkan ide kreatif mahasiswa dalam menciptakan media-media pembelajaran yang digunakan di tingkat Sekolah Dasar. Sehingga diharapkan dalam mencapai .Sebagai alternatif untuk meningkatkan kegiatan belajar mahasiswa dalam proses kegiatan mengajar, penggunaan media pembelajaran berbasis IT mampu menggali ide ide kreatif mahasiswa dalam membuat media pembelajaran di SD dengan berbasis digital, yang mana sekarang banyak fasilitas di kelas SD sudah menggunakan LCD, Komputer, serta perangkat media IT dalam menunjang pembelajaran. Dengan begitu sesuai dengan perkembangan zaman SDM dituntut untuk lebih inovatif dalam menggunakan media pembelajaran.
Referensi
Akbar, Sakdun. 2009 . Penelitian Tindakan Kelas Filosofi Metodologi dan Implementasi. Malang. Cipta Media Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimin. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar.2009. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, 2002), Cet. Ke- 2, h. 895.
Djamarah,Syaiful,Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah,Syaiful,Bahri dan zain Aswan. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Harliawan, Hendri , Lulup Endah Tripalupi, Luh Indrayani. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Vol: 4 No : 1.
Heny, Pujiati. 2008. Cerdas Pengetahuan Sosial. Jakarta . Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Mahedy, Kadek Surya. 2010. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Ipa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Seminar Internasional, ISSN 1907-2066 Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10.
Putra, Gd Tuning Somara, Made Windu Antara Kesiman, I Gede Mahendra Darmawiguna. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. ISSN 2089-8673 Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Volume 1, Nomor 2Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar, Jakarta: Rhineka Cipta
Suryani, Nunuk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding WORKSHOP Nasional
Usman, M. Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)