Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16159Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD Negeri Sumogawe 01 Getasan. Analisis data menunjukan hasil belajar siswa dalam kategori tidak tuntas mengalami penurunan. Dalam pra siklus ketidak tuntasan yang dicapai sebesar 57,5%, pada siklus 1 mengalami penurunan menjadi 32,5% dan pada siklus kedua mengalami penurunan hingga mencapau angka 7,5%. Sedangkan untuk kemapuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan yang cukup baik, pada pra siklus dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata hanya 62% dalam kategori rendah, pada siklus I meningkat menjadi 68% pada kategori sedang, dan pada pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 68% dalam kategori sedangReferences
Anwar, K., & Harmi, H. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Manajemen Peneitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatmawati, H. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 911.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
M, R. (2013). Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viiasmp Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan) , 112.
Maulana. (2017). Kemampuan Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2.
Puspitasari, Luki. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) DALAM Peningkatan Pembelajaran IPA Di Kelas V. Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 2.
Ramlan, M. 2013. Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), VOL. 1 NO. 1.
Relmasira, S. C., & Romadhoni, M. F. (2018). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Teaching Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 1 , 95.
Rihadatulaisy, D. (2016, May 15). Tujuan Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2006 (BSNP). Retrieved Januari 2, 2018, from Ktz30: http://katazikurasana30.blogspot.co.id/2016/05/tujuan-pembelajaran-matematika-dalam.html
Sharan, S. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.
Suryadi, D. (2011). Pendidikan Matematika. didi-suryadi.staff.upi.edu , 16-18.
Tarim, K., & Akdeniz, F. (2007). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods. Edu Stud Math .
Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. IISTE .
Ujiati, Cahyaningsih. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)