Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761Keywords:
Media, tiga, dimensi, Kemampuan analisis, Pembelajaran, tematik,Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran tematik pada kelas V masih menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang ada pada buku paket. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap kemampuan analisis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil nilai kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan media tiga dimensi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji-t dketahui thitung 21,649> ttabel1,706. Kesimpulannya media tiga dimensi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir analisis siswa.References
Ain, N. (2013). Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. (n.d.). Permendikbud No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi: Sistem Pendidikan Nasional. 2006.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Herdian. (2010). Metode Pembelajaran Discovery. Retrieved November 4, 2018, from http://herdy07.wordpress/2010/05/27/metode-discovery-penemuan.html
Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Oktavia Dwi. (2012). Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd Universitas Negeri Surabaya, 1(1).
Osman, K. & Hiong, L.C., & Vebrianto, R. (2013). 21st Century Biology An Interdisciplinary Approachof Biology, Technology, Engineering and Mathematics Education. Sosial and Behavioral Sciences, 102, 188–194.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. S. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Septian; Ariski; Jintar Tampubolon. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. Jurnal Educational Building, 1(1).
Silva, E. (2009). Measuring Skills for 21’st-Century Learning. Phi Delta Kappa, 630–634.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyaningrum, R. (2013). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Jurnal Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo, 10(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)