Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik

Efinda Sari, Sumarno Sumarno, Anggun Dwi Setya Putri

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran tematik pada kelas V masih menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang ada pada buku paket. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap kemampuan analisis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil nilai kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan media tiga  dimensi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji-t dketahui thitung 21,649> ttabel1,706. Kesimpulannya media tiga dimensi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir analisis siswa.



Keywords


Media; tiga; dimensi; Kemampuan analisis; Pembelajaran; tematik;

Full Text:

PDF

References


Ain, N. (2013). Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. (n.d.). Permendikbud No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi: Sistem Pendidikan Nasional. 2006.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Herdian. (2010). Metode Pembelajaran Discovery. Retrieved November 4, 2018, from http://herdy07.wordpress/2010/05/27/metode-discovery-penemuan.html

Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Oktavia Dwi. (2012). Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd Universitas Negeri Surabaya, 1(1).

Osman, K. & Hiong, L.C., & Vebrianto, R. (2013). 21st Century Biology An Interdisciplinary Approachof Biology, Technology, Engineering and Mathematics Education. Sosial and Behavioral Sciences, 102, 188–194.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Septian; Ariski; Jintar Tampubolon. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. Jurnal Educational Building, 1(1).

Silva, E. (2009). Measuring Skills for 21’st-Century Learning. Phi Delta Kappa, 630–634.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyaningrum, R. (2013). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Jurnal Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo, 10(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.