Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik

Authors

  • Efinda Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Univesitas PGRI Semarang
  • Sumarno Sumarno Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Univesitas PGRI Semarang
  • Anggun Dwi Setya Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Univesitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761

Keywords:

Media, tiga, dimensi, Kemampuan analisis, Pembelajaran, tematik,

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran tematik pada kelas V masih menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang ada pada buku paket. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap kemampuan analisis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil nilai kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan media tiga  dimensi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji-t dketahui thitung 21,649> ttabel1,706. Kesimpulannya media tiga dimensi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir analisis siswa.


Author Biography

Efinda Sari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Univesitas PGRI Semarang


References

Ain, N. (2013). Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. (n.d.). Permendikbud No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi: Sistem Pendidikan Nasional. 2006.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Herdian. (2010). Metode Pembelajaran Discovery. Retrieved November 4, 2018, from http://herdy07.wordpress/2010/05/27/metode-discovery-penemuan.html

Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Oktavia Dwi. (2012). Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd Universitas Negeri Surabaya, 1(1).

Osman, K. & Hiong, L.C., & Vebrianto, R. (2013). 21st Century Biology An Interdisciplinary Approachof Biology, Technology, Engineering and Mathematics Education. Sosial and Behavioral Sciences, 102, 188–194.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Septian; Ariski; Jintar Tampubolon. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh. Jurnal Educational Building, 1(1).

Silva, E. (2009). Measuring Skills for 21’st-Century Learning. Phi Delta Kappa, 630–634.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyaningrum, R. (2013). Model Pembelajaran Tematik di MI/SD. Jurnal Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo, 10(1).

Downloads

Published

2019-06-18

How to Cite

Sari, E., Sumarno, S., & Setya Putri, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150–157. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761

Issue

Section

Articles