Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19454Keywords:
pair, checks, kecerdasan, interpersonal, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe pair checks ditinjau dari kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SDN Gugus Moh. Hatta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan factorial Design 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDN Gugus Moh. Hatta tahun ajaran 2018/2019, dengan banyak siswa 244 orang. Teknik Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh (1) terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan Matematika. Hasil perhitungan efektivitas perlakuan diperoleh nilai 14η2=0,052"> sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika sebesar 5,2%.
References
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2014). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Alfabeta.
Safaria. (2005). Interpersonal Intelligence. Ambara Books.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)