Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • G.N. Sastra Agustika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas I lmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A. Wahyu Kartika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas I lmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. Wyn Wiarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas I lmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19454

Keywords:

pair, checks, kecerdasan, interpersonal, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe pair checks ditinjau dari kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SDN Gugus Moh. Hatta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan  factorial Design 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDN Gugus Moh. Hatta tahun ajaran 2018/2019, dengan banyak  siswa 244 orang. Teknik Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh (1) terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional,  (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, (3)  tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan Matematika. Hasil perhitungan efektivitas perlakuan diperoleh nilai 14η2=0,052">  sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika sebesar 5,2%.

References

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.

Huda, M. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Alfabeta.

Safaria. (2005). Interpersonal Intelligence. Ambara Books.

Downloads

How to Cite

Agustika, G. S., Kartika, A. W., & Wiarta, I. W. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 293–302. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19454