Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

G.N. Sastra Agustika, A.A. Wahyu Kartika, I. Wyn Wiarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe pair checks ditinjau dari kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SDN Gugus Moh. Hatta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan  factorial Design 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDN Gugus Moh. Hatta tahun ajaran 2018/2019, dengan banyak  siswa 244 orang. Teknik Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan non-tes. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh (1) terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional,  (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, (3)  tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kecerdasan interpersonal terhadap kompetensi pengetahuan Matematika. Hasil perhitungan efektivitas perlakuan diperoleh nilai 14η2=0,052">  sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika sebesar 5,2%.


Keywords


pair;checks;kecerdasan;interpersonal;matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.

Huda, M. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Alfabeta.

Safaria. (2005). Interpersonal Intelligence. Ambara Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19454

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF file view : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.