Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA

I Gusti Ayu Sri Juniantari, Ni Nyoman Kusmariyatni

Abstract


Berdasarkan hasil observasi, dimana hasil belajar IPA siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.


Keywords


mind mapping;two stay two stray

Full Text:

PDF

References


Adiyatmaningsih, N. P. H. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Gianyar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah (dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hendrawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).

Herawati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 95–105.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumayanti, D., Suarni, N. K., & I Nym Murda. (2013). Pengaruh Strategi REACT Berbantuan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di Gugus XIII Kecamatan Buleleng. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1).

Pratiwi, N. K. C. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).

Riastini, P. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saifudin, M. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Singaraja: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary School of Education E-Journal, 4(1).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.

Suwatra. (2015). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19478

Article Metrics

Abstract view : 597 times
PDF file view : 321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.