Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103Keywords:
RME, pemahaman konsep, matematika, pedekatanAbstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki tujuan penting dalam pembelajaran matematika, memberikan pengertian bahwa materi yang diajarkan bukan hanya sekedar hafalan, namun lebih dari itu dengan pemahaman siswa dapat lebih mengerti akan konsep materi pelajaran. Maka dari itu perlu diterapkan suatu pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi penyajian data. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equevalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan VB sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata posttest kelas eksperimen 81,19 dan kelas kontrol 73,19. Adapun untuk uji gain rata-rata kelas eksperimen 0,69 dan kelas kontrol 0,53. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis, dengan pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pendekatan realistik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pendekatan kontekstual.
The conceptual understanding of mathematical ability have an important goal in mathematics, gives the sense that the material being taught not just rote, but more so with the understanding that students can better understand the concept of the subject matter. Thus the need to apply an innovative learning that can be applied in mathematics to develop students' mathematical understanding capabilities. The purpose of this study to determine the application of Realistic Mathematics Education approach to improve students' understanding of mathematical concepts in data presentation material. The method used is a quasi-experimental design with non-equevalent control group design. Sampling using purposive sampling technique, where the VA as many as 26 students experimental class and control class VB as many as 26 students. The results of data analysis showed an average of 81.19 posttest experimental class and control class 73.19. As for the test average gain of 0.69 experimental class and control class 0.53. Based on the results of the study concluded that the realistic approach can increase the ability of mathematical understanding, achievement and increase the ability of understanding mathematical concepts that students get a realistic approach better than students who get a contextual approach.
References
Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thingking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Bandung.1(2): 192-202.
Amazonaws. 2016. Indonesia National Assessment Programme (INAP). [Online]. Tersedia: https:/.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/Indonesia-National-Assessment-Programme-(INAP).pdf. diakses tanggal 23 Februari 2019.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengengembangan dan Implementasinya. Jakarta: PT Rajawali Grapindo Persada.
Hartono, Yusuf. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Holosin, Iis. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik. Didaktis. 5 (3): 45-49.
Mashudin. 2016. Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1): 50-63.
Munawaroh, dkk. 2019. eduMATH Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang.
Nizam. 2016. Penilaian untuk Pembelajaran Abad 21 Belajar dari Berbagai Hasil Penilaian. Kemendikbud.
Nurlatifah, Desi dkk. 2017. Perbedaan Pengaruh Antara Pendekatan Realistik Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Pena Ilmiah: 2 (1): 963.
Purwasih, Ratni. 2015.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTS Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. 9 (1): 16-25.
Sari, Eka 2017. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question. Jurnal Mosharafa Universitas PGRI Palembang. 6 (1): 25-34.
Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Edisi Khusus (2): 79-85.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Ariyadi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)