Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775Keywords:
TAI, pengetahuan, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan design nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas V SD pada semester genap sebanyak 378 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret berjumlah 39 siswa sedangkan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, tes pilihan ganda biasa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,601 dan ttabel pada taraf signifikansi 5%, = 2,000. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran team assisted individualization berbantuan media semi konkret berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD.
References
Adnyani, E, Sudirman, Askury. (2012). Penerapan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ardjuna Malang.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publish.
Andi, I. P., Arsana, B., Jampel, I. N., & Kusmariyatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ips Kelas Iv Sd Universitas Pendidikan Ganesha. 5(1).
Ketut, S., & MD, S. I. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Soving Dalam Pembelajaran IPA. Learning, 1(2), 75–82.
Firman, F., Antonius, Nurhayati. (2014). Pengaruh Model Team Assisted Individualization Dengan Structure Exercise Method Terhadap Hasil Belajar. https://www.e-jurnal.com/2016/06/pengaruh-model-team-assisted.html.
Laksmi, N., Wiarta, I. W., & ... (2017). … Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Mimbar Pgsd …, 5(2), 1–10. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10646
Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. In Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 07, Issue 1). https://doi.org/10.30868/EI.V7
Sugiyono. (2017). Statistiak untuk Penelitian. Alfabeta.
Susanti, W., Jatmiko, B. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualizaton) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Materi Elastisitas (Vol 6, No 1. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/882
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)