Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Alice Yeni Verawati Wote Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halmahera, Indonesia
  • Jonherz Stenlly Patalatu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halmahera, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782

Keywords:

kepemimpinan, guru, kepuasan, kinerja.

Abstract

Gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sekolah dasar, dengan kememinminan yang baik akan membaut suasana temoat kerja ebih baik. Penelitin ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Tobelo Tengah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 52 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai thitung = 3.945 > ttabel = 2.010 pada taraf signifikan 0.05. 2) kepuasan kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3.049 > 2.010 pada taraf signifikan 0.05. Dan 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Tobelo Tengah, dengan kontribusi sebesar 0.437 atau 43.7%. Jadi dapat dikatakan bahwa gaya kemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sekolah dasar , dimana gaya ini akan membuat suansana lebih nyaman.

References

Andreani, F., & Petrik, A. (2016). Employee Performance as The Impact of Transformational Leadership and Job Satisfaction in PT Anugerah Baru Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 18(1), 25–32. https://doi.org/10.13189/ujm.2016.040404

Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus: PT. OASIS Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 1(2), 68. https://doi.org/10.30656/jsmi.v1i2.413

Arifin, Z. (2014). . Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. PT Remaja Rosdakarya.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Garcia-Morales, V. J., Llorens-Montes, F. J., & Verdu-Jover, A. J. (2008). The effects of transformational leadership on organizational performancethrough Knowledge and Innovation.

Keating. (1986). Kepemimpinan. Teori dan Pengembangannya. (terjemahan; A.M. Mangunhardjana). Kanisius.

Kovjanic, S. Schuh, S. C.,& Jonas, K. (2013). Transformational leadership and performance: An experimental investigation of the mediating effects of basic needs satisfaction and work engagement. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 86(4), 543–555. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/joop.12022

Levy, P. E. (2010). Industrial organizational psychology; understanding the workplace (3rded.). Worth Publisher.

Saleem, H. (2015). The Impact of Leadership Styles on Job Satisfaction and Mediating Role of Perceived Organizational Politics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 563–569. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.403

Siregar, F. A. (2019). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Oleh: IJTIMAIYAH, 2(1).

Suwarni. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 18(2).

Werang, B. R. (2014). Teachers ’ Work Morale , and Teachers ’ Work Satisfaction on Teachers ’ Work Performance At State Primary Schools. Cakrawala Pendidikan, 128–137.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 455–461. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782