Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21880Keywords:
think-pair-share, aktivitas belajar.Abstract
Pencapaian prestasi belajar matematika di sekolah cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bidang studi lainnya. Hal ini disebabkan dalam kegiatan pembelajaran matematika guru cenderung tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Pemilihan model pembelajaran yang bersifat satu arah atau yang berpusat pada guru menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Aktivitas belajar merupakan prinsip yang penting dalam interaksi belajar mengajar. Aktivitas belajar berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar yang diperoleh. Aktivitas belajar yang baik akan mampu menghasilkan prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan tes. Subjek penelitian adalah kelas IV SD yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 37,67 kategori cukup aktif, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 53,83 dengan kategori aktif. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 62,65 meningkat menjadi 76,2 pada siklus II. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa.
References
Aisyah Wiyono, Mustamin Anggo, K. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kendari. 6(2), 113–126.
Dharma, I., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 239–246.
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Ar-Ruzz Media.
Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123.
Hardyanti Arki, A. K., Auliah, A., & Dini, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 18(2), 71. https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899
Joyce B., Weil M., and C. E. (2009). No Title. Pustaka Pelajar.
Kurniasih, I. dan B. S. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Leonard, Leonard, I. A. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran TPS ( Think Pair Share ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 26 Agustus 2015, Agustus, 139–145.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share” terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1509
Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PTRineka Cipta.
Raditya, I. W., Kristiantari, M. R., & Suara, D. I. M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2014/2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–10.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In 1. Prenada Media Group.
Susilo, H. dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Banyumedia Publishing.
Teresia Olivia Oennus, Erni, R. K. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika. Oleh Teresia Olivia Oennus, Erni, Ramadhan Kurnia H. 1.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prestasi Pustaka.
Yusmanidar. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri 6 Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu. Yusmanidar SDN 6 Bukit Batu Kematan Bukit Batu Kabupataen Bengkalis PENDAHULUAN Matematika sering dianggap sebagai. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(4), 563–571.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)