Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng

Ahmad Tohir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Desain yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Penelitian ini akan menguji pretes dan postes. Perbedaan nilai antara pretes dan postes melalui uji Wilcoxon Matched Pairs Test. Dalam pelaksanaan uji Wilcoxon untuk menganalisis kedua data yang berpasangan tersebut dilakukan dengan menggunakan analisis uji melalui program SPSS versi16. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji Wilcoxon bahwa Asymp.Sig.(2-tailed) adalah 0.000 < 0.05.

Keywords


effectiveness; learning outcomes; inquiry learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, R. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah dan Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Iskandar, Agung. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari.

Jihad, Abdul dan Haris.(2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Safitri, Sinta Rahmayanti dan Budhi, Widodo. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Volume 4 No 2 hal 34-40.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sitorus, Haji Hamidin., Hasruddin., Edi, Syahmi. (2017). The Influence of Inquiry Learning Model on Student’s Scientific Attitudes in Ecosystem Topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. International Journal of Humanities and Education (IJHSEE) Volume 4, Issue 11 pp 170-175.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung; Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yudhawati, Ratna.,Haryanto, Dani. (2011). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015

Article Metrics

Abstract view : 1240 times
PDF file view : 1042 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116; Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.