Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015Keywords:
effectiveness, learning outcomes, inquiry learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Desain yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Penelitian ini akan menguji pretes dan postes. Perbedaan nilai antara pretes dan postes melalui uji Wilcoxon Matched Pairs Test. Dalam pelaksanaan uji Wilcoxon untuk menganalisis kedua data yang berpasangan tersebut dilakukan dengan menggunakan analisis uji melalui program SPSS versi16. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Tegineneng. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji Wilcoxon bahwa Asymp.Sig.(2-tailed) adalah 0.000 < 0.05.References
Abdullah Sani, R. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah dan Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Iskandar, Agung. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari.
Jihad, Abdul dan Haris.(2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Safitri, Sinta Rahmayanti dan Budhi, Widodo. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Volume 4 No 2 hal 34-40.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sitorus, Haji Hamidin., Hasruddin., Edi, Syahmi. (2017). The Influence of Inquiry Learning Model on Student’s Scientific Attitudes in Ecosystem Topic at MTs. Daarul Hikmah Sei Alim (Islamic Junior High School) Asahan. International Journal of Humanities and Education (IJHSEE) Volume 4, Issue 11 pp 170-175.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung; Tarsito.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yudhawati, Ratna.,Haryanto, Dani. (2011). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)