Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”

Authors

  • Sri Wahyuni SDN CANDIWATU PACET

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Keywords:

Results of Learning, Pictures Media, Theme Science

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan dampak penerapan metode pembelajaran yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Candiwatu Kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tematik “Kegiatanku” siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Candiwatu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil tes formatif perbaikan pembelajaran siklus I mencapai nilai rata-rata 68,33, dengan siswa yang tuntas 19siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata klasikal meningkat menjadi 81,67 dengan siswa yang tuntas 24 anak.

tingkat pemahaman siswa tentang materi tema tersebut mengalami permasalahan, hal ini dapat ditunjukkan bahwa dari 26 siswa yang memperoleh nilai 60 ke atas hanya 19 siswa, berarti hanya 32% siswa yang tuntas, dan baru mencapai ratarata 5,5. Sedangkan hasil belajar siswa pada tema 2 ”Kegemaranku” baru mencapai rata-rata kelas sebesar 5,7 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai 60 keatas  hanya 19 siswa, berarti hanya 39% siswa yang tuntas.  Berdasarkan hasil belajar siswa pada tema-tema sebelumnya, peneliti menganalisis bahwa ada kesulitan yang cukup berarti bagi siswa kelas I dalam memahami materi pembelajaran melalui pembelajaran tematik, maka peneliti men- gupayakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Candiwatu. Menurut peneliti hal ini disebabkan karena siswa belum dihadapkan langsung dengan hal nyata atau kontekstual. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa Tema Kegiatanku melalui media gambar pada siswa kelas 1 SD Negeri Candiwatu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata Kunci: hasil belajar, media gambar, tema,

References

Arsyad, A. (2007).Media Pembelajaran.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung:Nuansa

Cahyaningrum dan Purnamasari. (2014). Pengaruh Pengunaan Media Flashcard

Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Ngronggah

Blora. 357-356

Dantes, N. (2015). Pengaruh penggunaan media gambar flashcard terhadap minat

dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SDLBB Negeri Tabanan.

Volume 5. 1-10..

Mulyasa.(2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT Remaja Rosdakarya.

Hayati, N. (2005). Media Pengajaran. Surabaya: Dakwah Digital Pres

.Susilana,R. dan Riyana,C.(2009). Media pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Inggrida, P. (2015). “Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan

Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 di Kelompok A TK Islam Insan

Al-Firdaus”. 1-7.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain indikator yang banyak dipakai sebagai tolak ukur keberhasilan adalah daya serap (2002:12)

Winarno Surakhmad (1980:25) hasil belajar siswa bagi kebanyakan orang berarti ulangan, ujian atau tes.

Dimyati dan Mujiono, (2006:3-4)hasil belajar merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak proses belajar.

Forijad, 1998) mendefinisikan bahwa Hasil belajar adalah suatu proses mental yang mengarah pada penguasaan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dengan ketrampilan proses dan dilaksanakan agar menimbulkan tingkah laku progresif dan adaptif

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734