Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734Kata Kunci:
Results of Learning, Pictures Media, Theme ScienceAbstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan dampak penerapan metode pembelajaran yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini tujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Candiwatu Kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tematik “Kegiatanku” siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Candiwatu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil tes formatif perbaikan pembelajaran siklus I mencapai nilai rata-rata 68,33, dengan siswa yang tuntas 19siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata klasikal meningkat menjadi 81,67 dengan siswa yang tuntas 24 anak.
tingkat pemahaman siswa tentang materi tema tersebut mengalami permasalahan, hal ini dapat ditunjukkan bahwa dari 26 siswa yang memperoleh nilai 60 ke atas hanya 19 siswa, berarti hanya 32% siswa yang tuntas, dan baru mencapai ratarata 5,5. Sedangkan hasil belajar siswa pada tema 2 ”Kegemaranku” baru mencapai rata-rata kelas sebesar 5,7 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai 60 keatas hanya 19 siswa, berarti hanya 39% siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil belajar siswa pada tema-tema sebelumnya, peneliti menganalisis bahwa ada kesulitan yang cukup berarti bagi siswa kelas I dalam memahami materi pembelajaran melalui pembelajaran tematik, maka peneliti men- gupayakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Candiwatu. Menurut peneliti hal ini disebabkan karena siswa belum dihadapkan langsung dengan hal nyata atau kontekstual. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa Tema Kegiatanku melalui media gambar pada siswa kelas 1 SD Negeri Candiwatu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: hasil belajar, media gambar, tema,
Referensi
Arsyad, A. (2007).Media Pembelajaran.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung:Nuansa
Cahyaningrum dan Purnamasari. (2014). Pengaruh Pengunaan Media Flashcard
Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Ngronggah
Blora. 357-356
Dantes, N. (2015). Pengaruh penggunaan media gambar flashcard terhadap minat
dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SDLBB Negeri Tabanan.
Volume 5. 1-10..
Mulyasa.(2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT Remaja Rosdakarya.
Hayati, N. (2005). Media Pengajaran. Surabaya: Dakwah Digital Pres
.Susilana,R. dan Riyana,C.(2009). Media pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Inggrida, P. (2015). “Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan
Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 di Kelompok A TK Islam Insan
Al-Firdaus”. 1-7.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain indikator yang banyak dipakai sebagai tolak ukur keberhasilan adalah daya serap (2002:12)
Winarno Surakhmad (1980:25) hasil belajar siswa bagi kebanyakan orang berarti ulangan, ujian atau tes.
Dimyati dan Mujiono, (2006:3-4)hasil belajar merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak proses belajar.
Forijad, 1998) mendefinisikan bahwa Hasil belajar adalah suatu proses mental yang mengarah pada penguasaan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dengan ketrampilan proses dan dilaksanakan agar menimbulkan tingkah laku progresif dan adaptif
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)